Dispar Benteng Gali Potensi Wisata Budaya dan Sejarah


Bakti/BE
PELATIHAN : Sekda Benteng, Edi Hermansyah SSi MSc PhD bersama Kepala Dispar Benteng, Gunawan Wibisana serta peserta pelatihan wisata budaya dan sejarah, Selasa (13/10).

BENTENG, bengkuluekspress.com– Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) terus menggali potensi wisata yang ada di Bumi Maroba Kite Maju. Termasuk potensi wisata budaya dan sejarah yang terdapat di sejumlah desa di Kabupaten Benteng (lihat grafis,red).
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Benteng, Gunawan Wibisana SSTP MH didampingi Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, Sandarman SSos menjelaskan, wisata budaya dan sejarah akan dirangkum dan dijadikan bahan promosi wisata. Kedepan, Dispar akan menciptakan event-event menarik di lokasi tersebut agar kawasan wisata budaya dan sejarah di Kabupaten Benteng lebih dikenal.
“Hari ini (kemarin,red), kami mengundang para pelaku dan pengelola wisata budaya dan sejarah agar mereka dapat saling bertukar pikiran. Bagaimana agar tradisi dan kebudayaan yang selama ini dilakukan oleh masyarakat dikemas menjadi lebih menarik dan disukai wisatawan,” usai menggelar pelatihan wisata budaya dan sejarah, di Aula Hotel Puncak Tahura, Selasa (13/10).

Sementara itu, Sekda Benteng, Edi Hermansyah SSi MSc PhD memberikan apresiasi kepada Dispar Benteng yang terus berupaya mengembangkan potensi wisata.
“Kita memang harus selalu menjual (mempromosikan) apa yang bisa dilihat oleh para wisatawan. Potensi wisata basis sejarah dan budaya juga harus dikemas agar memiliki keunikan dan menarik,” pungkas Sekda.(135)

Grafis : Destinasi Wisata Budaya di Kabupaten Benteng
No Lokasi Destinasi Wisata
1 Desa Pasar Pedati 3 buah bungker inggris, tradisi bersuci, kramat 7 mata air dan sumur dewa
2 Desa Pondok Kelapa Kompleks Makam Balai Buntar Baginda Maharaja Sakti dan Putri Gading Cempaka
3 Desa Sunda Kelapa Kompleks Bali
4 Desa Padang Betuah Masjid tertua di Bengkulu, kramat danau gedang dan tradisi matah danau
5 Desa Pagar Gunung Tradisi lonjok (kisah manusia harimau dengan bukit kucing dan batu tergantung)
6 Desa Rindu Hati Batu Jung, Kramat Rindu Hati dan tradisi basuh benih
7 Desa Paku Haji Makam Lembak Delapan
8 Desa Susup Meriam dan Kelambu Sakti
9 Desa Rajak Besi Gunung Bungkuk dari gerbang timur
10 Desa Karang Are Gunung Bungkuk dari gerbang barat

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*