Dispangtan Bakal Bagikan Bibit Ternak dari Dana Aspirasi

FOTO IST/ Kepala Dispangtan Kota Bengkulu, Sahrul Tamzie.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bengkulu mempersiapkan pengadaan bibit hewan ternak berupa sapi dan kambing. Hewan ternak ini merupakan bantuan kepada beberapa kelompok peternak yang ada di beberapa kelurahan. Dari hasil pendataan sementara ada sekitar 6 kelompok masyarakat yang akan mendapatkan bantuan tersebut.

“Bantuan ini hewan ternak ini menggunakan dana aspirasi salah satu anggota dewan kota Jaya Marta dengan nilai Rp 400 juta. Masing-masing kelompok mendapatkan sepasang sapi untuk dikembangbiakkan. Per kelompok itu isinya ada 10 orang, dan per orang akan diberikan 1 sapi betina. Sedangkan ketua kelompok akan memelihara 1 ekor jantan,” jelas Kepala Dispangtan Kota Bengkulu, Sahrul Tamzie, Selasa (01/06).

Selain itu, juga ada bantuan ternak kambing yang dibagikan kepada dua kelompok. Dengan sistem yang sama, nantinya setelah memasuki usia produktif maka kambing ini akan dikawinkan ke kambing jantan.

” Kita masih memverifikasi kesiapan para anggota kelompok tersebut terutama memiliki lahan yang cukup serta kandang yang bersih sebagai tempat pengembangbiakan,” Tambah Syahrul.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan kapan pengadaan bibit hewan ternak ini dilaksanakan, karena Dispangtan masih menunggu Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA). Selain itu juga masih berkoordinasi terkait sistem pengadaan tersebut apakah lelang atau bekerja sama dengan pemilik peternakan dari luar daerah.

Ia berharap dengan adanya program bantuan sapi bibit mampu mempercepat populasi sapi di Kota Bengkulu, melalui bibit yang ada, maka peternak akan mengembangbiakan melalui perkawinan. Selain itu, juga menjamin ketersediaan pangan dan menjaga pola konsumsi masyarakat terhadap daging sapi dan kambing. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*