Disnakeswan Cek Kesehatan Hewan Kurban

Foto Hendrik/ BE – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu Muhammad Syarkawi.

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Tim ahli Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu mulai melakukan pemeriksaan kondisi hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini, di beberapa tempat penjualan hewan ternak di Kota Bengkulu. Hal itu diungkapkan
Kepala Disnakeswan Provinsi Bengkulu Muhammad Syarkawi, Selasa (13/7).

Ia mengatakan pemeriksaan bertujuan guna memastikan hewan kurban yang dijual ke masyarakat dalam keadaaan sehat dan memenuhi umur sesui standar yang ditetapkan. Serta layak untuk dipotong dan dikomsumsi masyarakat,

“Kami akan pastikan hewan kurban sudah memenuhi syarat sehat dan umur. Selain itu hewan yang dijual untuk kurban tersebut bebas dari penyakit menular,” kata Syarkawi.

Ia mengungkapkan, ada empat titik pemeriksaan yakni penjualan sapi di Kebun Tebeng, lapak penjualan kambing Barolah di Jalan Sungai Rupat, peternak sapi di Kelurahan Bumi Ayu dan Padang Serai. Dari hasil pemeriksaan secara umum kondisi ternak baik dan normal.

“Masyarakat yang sudah membeli hewan kurban di beberapa lokasi ini dari hasil pemeriksaan kami sudah memenuhi syarat”, ujarnya.

Ia menambahkan, timnya akan terus melakukan pemeriksaan kondisi hewan dibeberapa lokasi di Kota/kabupaten di Provinsi Bengkulu. Jika terdapat hewan kurban berupa sapi dan kambing yang didapati tidak sehat ataupun tidak layak untuk dijadikan hewan kurban, maka pihaknya akan memberikan teguran bahkan sanksi kepada peternak agar tidak menjual hewan tersebut. (HBN)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*