Disnakan Janjikan 14 Sapi Perah

CURUP, BE – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Rejang Lebong, menjanjikan bantuan 14 ekor sapi perah kepada kelompok tani peternak di Desa Blitar Kecamatan Sindang Kelingi pada tahun 2013 mendatang.  Kepala Disnakan Kabupaten RL, Ir Amrul Eby MM menerangkan, bantuan sapi perah tersebut merupakan bantuan yang berasal dari dana APBN melalui Disnakan RL yang bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

“Kita sudah berupaya maksimal untuk mendapatkan bantuan tersebut, mudah-mudahan tahun 2013 ada satu kelompok tani peternak dari Desa Blitar yang akan mendapatkan bantuan sapi perah,” ujar Eby.

Dari 14 sapi bantuan tersebut, sambung Eby, hanya ada 1 sapi pejantan. Sementara, untuk pengelolaan dan pemanfaatan bantuan tersebut akan diawasi langsung oleh Disnakan RL secara rutin melalui penyuluh peternakan.  “Sebelumnya kami juga akan melakukan sosialisasi kepada kelompok tersebut agar dalam pelaksanaan tidak ada hal-hal yang menyimpang,” ujar Eby.

Sebagai upaya pengembangan dari bantuan tersebut, lanjut Eby, pihaknya akan memberikan arahan secara rutin kepada kelompok untuk pengelolaan lanjutan susu dari bantuan sapi perah tersebut. Seperti pembuatan keju, Yoghurt serta hasil olahan susu lainnya.  “Jika Sapi itu di rawat dengan baik, maka akan menghasilkan susu yang baik dan melimpah. Susu hasil perahan juga selanjutnya dapat diolah kembali menjadi berbagai produk makanan dan minuman yang sehat dan bergizi seperti keju dan yoghurt,” tegas Eby.

Selain itu, Eby juga mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan daerah lain mendapatkan bantuan sapi.  Hanya saja, sapi yang diberikan bukan jenis sapi perah melainkan sapi biasa yang kemungkinan besar akan di berikan kepada kelompok peternak di Kecamatan Curup Selatan.

“Tetapi kita belum bisa memastikan bantuan sapi kepada kelompok di Curup Selatan ini. Sebab, saat ini kami masih melakukan upaya agar bantuan tersebut benar-benar dapat terealisasi sesuai dengan harapan kita bersama,” tegas Eby. (999)