Diskominfo Kunjungi Muba Wujudkan Pembangunan Command Center

ERICK/Bengkulu Ekspress
JELASKAN : Plt Kepala Disinfokom Kabupaten Muba, Dick Meiriando ketika menjelaskan pembangunan Command Center Kabupaten Muba kepada Kadiskominfo Lebong Donni Swabuana.

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Wujudkan pembangunan Command Center di Kabupaten Lebong, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) terus mencari masukan atau refrensi.

Salah satunya mengunjungi Command Center di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatra Selatan yang saat ini telah berjalan. Sebelumnya Diskominfo SP Kabupaten Lebong telah mengunjungi Kota Bandung Provinsi Jawa Barat untuk belajar dalam membangun Command Center dan sepertinya telah akan ada kesepakatan antara Kabupaten Lebong dengan Kota Bandung.

Sementara kemarin (20/09) Diskominfo SP berkunjung untuk melihat Command Center yang ada di Kabupaten Muba. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo SP, Donni Swabuana St Msi, mengatakan bahwa untuk mewujudkan pembangunan Command Center di Kabupaten Lebong bisa berjalan dan terwujud, semua hal harus dilakukan.

“Jangan kita bercita-cita namun mencari refrensi kita tidak laksanakan,” jelasnya, kemarin (20/09). Dimana fasilitas yang dimiliki Kabupaten Muba sudah sangat baik dan patut ditiru untuk diterapkan di Kabupaten Lebong. Untuk itulah, pembangunan Command Center secepatnya bisa kita laksanakan.

“Pembangunan Command Center Lebong nantinya dipusatkan di samping ruang kerja Bupati,” ujarnya.



Sementara itu Plt Kepala Disinfokom Kabupaten Muba, Dick Meiriando, mengatakan bahwa pembangunan Command Center di Muba sendiri dilakukan di tahun 2017 yang lalu menelan dana sebesar Rp 1,5 miliaran untuk pemasangan 9 CCTV dan server, selanjutnya di tahun 2018 kembali dianggarkan sebesar Rp 1 miliaran untuk pemasangan 5 titik CCTV kembali.  Dimana untuk pemasangan 1 titik CCTV dengan perlengkapan atau bisa disebut dengan Digital Security Sistem,bisa mencapai Rp 150 juta.

“Jadi total sudah Rp 2,5 miliar hingga Rp 3 miliar keseluruhan pembangunan CCTV jenisVTZ dan FIX, server serta peralatan lainnya,” sampainya.

Dengan dipasanaganya CCTV dan langsung dipantau melalui Command Center, sangat membantu terutama menjaga keamanan dan memberikan pertolongan jika ada peristiwa kejadian yang terjadi. “Sebagai contoh ada peristiwa kejahatan, maka pihak kepolisian bisa melihat data rekaman CCTV untuk melihat pelaku dan itu sudah ada terjadi dan sangat membantu,” tuturnya.

Dengan adanya pembangunan Command Center di Kabupaten Lebong, diirnya sangat mendukung. Hal ini dikarenakan hal tersebut sangat membantu semua pihak, baik itu pihak pemerintah, kepolisian dan TNI bahkan masyarakat. “Karena kami membangun Command Center bertujuan untuk masyarakat Muba,” tuturnya.(614)