Diskominfo Gelar Pelatihan Jurnalistik

Bupati yang diwakili Asisten II Novizar Eka Putra ketika membuka pelatihan jurnalistik

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mukomuko, menggelar pelatihan jurnalistik dengan melibatkan peserta dari kelompok informasi masyarakat (KIM) dan perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kamis (27/2) pagi.

Pelatihan itu, bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam penulisan berita yang ada di lingkungan masyarakat dan OPD itu sendiri. “KIM dan OPD khususnya yang mengelola.

informasi publik dapat menguasai materi, baik pencarian informasimaupun penulisan berita dan pengambilan foto,” demikian Kadis Kominfo, H Bustari M MHum.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 60 orang, terdiri dari KIM yang sudah terbentuk di desa, kecamatan dan kantor, badan serta dinas di lingkungan Pemkab Mukomuko.

Sedangkan kegiatan pelatihan jurnalistik ini, kata Bustari, diisi narasumber, DR Gushevinalti SSos MSi yang saat ini aktif menjabat Wakil Dekan Bidang Sumberdaya FISIP Universitas Bengkulu dan Seno Agritinus Malvin SP dari PWI Kabupaten Mukomuko.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan jurnalistik ini, semua peserta pada saat menulis berita nantinya adalah sebuah berita yang benar, akurat dan berimbang.

“Jangan memposting maupun menyebar berita hoax,” bebernya. Asisten II Setkab Mukomuko, H Novizar Eka Putra menginggatkan agar berhati – hati dalam memberikan informasi ke publik.

Baik itu yang disampaikan KIM yang ada di desa – desa maupun OPD di jajaran Pemkab Mukomuko harus lebih berhati – hati dalam menulis dan menyampaikan informasi.

Pasalnya, masih ada ditemukan informasi bohong atau hoax yang diunggah di media sosial seperti di facebook, twitter, instagram dan lainnya. “Pelatihan ini sangat kami apresiasi.

Ini salah satu upaya menekan informasi bohong. Dengan harapan, peserta yang mengikuti pelatihan dapat memberikan informasi – informasi yang benar kepada publik,” ungkapnya. (900)