Diskominfo Canangkan Desa Berbasis Internet

Foto: Kabid Kominfo Dinas Kominfo Benteng, Lili Kartika Sari MSi

Desa Disarankan Buat Website

BENTENG, bengkuluekpress.com – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mencanangkan agar seluruh desa memiliki koneksi internet. Rencana ini merupakan tindak lanjut dari Pemda Benteng terhadap program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentang program internet masuk desa.

Kepala Diskominfo Benteng, H Budiman Efdy W SE SIP MSi, melalui Kabid Kominfo, Lili Kartika Sari MSi menuturkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke seluruh desa tentang pentingnya jaringan internet. “Dengan adanya koneksi internet, setiap desa bisa lebih cepat dalam mendapatkan informasi terbaru. Baik itu tentang pemerintahan, politik, dunia usaha, bisnis hingga pertanian,” kata Lili.

Disisi lain, tegas Lili, internet sangat diperlukan bagi Pemerintah Desa (Pemdes) dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai perpanjangan pemerintah kabupaten. Dimulai dari menyampaikan informasi kepada masyarakat hingga penyampaian laporan yang saat ini sudah berbasis online.

“Perkembangan zaman menuntut untuk terus berinovasi. Dengan adanya informasi, masyarakat lebih mudah untuk berkreasi dan berkarya,” papar Lili.

Ditahap awal pencanangan desa berbasis internet, Lili menuturkan, Diskominfo akan fokus di 27 desa yang ada di 4 kecamatan. Yaitu, wilayah Kecamatan Pondok Kelapa, Talang Empat, Kembang Seri dan Kecamatan Merigi Kelindang. “Kami berikan apresiasi kepada desa yang sudah lebih dahulu memasang sambungan internet. Bagi desa yang belum, kami harapkan bisa terealisasi ditahun 2020 ini. Kami siap untuk menfasilitasi,” paparnya.

Menurut Lili, dunia maya diharapkan mampu menjadi wadah bagi masyarakat untuk membangkitkan geliat ekonomi. Kendala pemasaran dan sosialisasi secara konvesional diharapkan bisa lebih mudah dilakukan melalui internet yang dapat diakses oleh semua orang.”Program ini akan membuka akses warga pedesaan dalam hal mempromosikan potensi didesanya. Baik itu dari segi pendidikan, pariwisata, UKM, keragaman budaya, kekayaan sumber daya alam (SDA), komoditi pertanian serta potensi lainnya,” tandas Lili.

Sementara itu, Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH memberikan apresiasi kepada Diskominfo Benteng yang telah merancang program internet masuk desa. Kedepan, Bupati berharap agar informasi dari seluruh OPD bisa diakses oleh masyarakat secara luas. Terutama informasi tentang pertanian, perkebunan, kependudukan, bantuan sosial dan pembangunan infrastruktur yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Ini terobosan yang sangat bagus. Sehingga, seluruh desa tidak ketinggalan informasi. Apalagi informasi yang berasal dari berbagai OPD lingkungan Pemda Benteng,” kata Bupati.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Benteng, Drs Tomi Marisi MSi menegaskan, pihaknya sudah memberikan arahan kepada seluruh Kades dan Perangkat Desa agar dapat menyediakan anggaran dari dana desa (DD) untuk pembuatan website. Bila perlu, pasang dulu tower penguat jaringan agar koneksi internet mudah diakses. “Di era globalisasi ini, informasi tak bisa ketinggalan. Semakin cepat mendapatkan informasi, desa akan lebih cepat berkembang. Imbasnya, kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” tandasnya.(135/prw).



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*