Diskan Bengkulu Utara akan Kembangkan Sasaran Budikdamber

kata Kepala Diskan BU, Markismas SPi MM

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Program Budi Daya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) yang telah dikembangkan oleh Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) sejak tahun 2020 lalu. Bagi kelompok pembudidaya ikan secara bertahap sudah mulai menunjukan hasil. Dimana program tersebut diberikan kepada 50 kelompok yang tersebar di Kecamatan Padang Jaya dan Kecamatan Giri Mulya. Kedepan program ini akan kembali dikembangkan di tengah masyarakat Kabupaten BU dengan sasaran yang lebih luas lagi, terutama kelompok rumahan maupun secara mandiri.
“Metode ini sudah berjalan dengan baik, dimana masyarakat sudah mulai bisa menikmati hasil dari Budikdamber, yakni efisiensi budidaya ikan di kolam dan pengembangan tanaman hijau yang bisa dikonsumsi. Kedepan program ikan akan dikembangkan lagi dengan sasaran yang lebih luas lagi, kata Kepala Diskan BU, Markismas SPi MM.

Markisman menambahkan, bahwa Program ini tujuannya untuk meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat, terutama masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani Budidaya ikan dimasa Pandemi covid-19. Selain itu, Budikdamber ini juga diharapkan bisa menjadi alternatif untuk pemenuhan kebutuhan gizi keluarga, juga bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat. Bahkan jika memungkinkan, program ini bisa terus dikembangkan dengan menggunakan jenis sayuran hijau yang berbeda, bukan hanya kangkung ataupun bayam juga bisa menggunakan sayur sawi atau jenis sayur lainnya.
“Harapan kita dengan adanya program ini masyarakat dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan betul bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah ini. Program ini bisa menjadi peluang tersendiri bagi masyarakat,”tandasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*