Dishutbang, Bagikan 45 Ribu Bibit Kayu

BINTUHAN, BE– Sedikitnya ada 45 ribu bibit pohon dari beberapa jenis bantuan dari Provinsi Bengkulu untuk Pemkab Kaur melalui Dishutbang ESDM Kaur. 45 ribu bibit ini dilakuan untuk kembali  menghijaukan hutan dan lingkungan rakyat yang sudah mulai rusak. Namun 45 ribu bibit kayu dan buah-buahan tersebut, akan dibagikan 5 titik dilingkungan Pemkab Kaur. “Untuk lahan penanaman bibit-bibit pohon tersebut, telah dipersiapkan lahan kurang 200 hektar pada  musim hujan ini, namun lokasinya bisa jadi perkarangan,” ujar Kadishutbang ESDM Kaur Ir H Ahyan Endu melalui Kabid Reboisasi Hutan Dirlan SSos,  kemarin.

Menurutnya, bibit-bibit pohon yang akan dibagikan di lima titik, berbagai macam jenis pohon, yaitu kayu jabon, matoa, Gaharu, Afrika sedangkan jenis buah-buahan yakni Mangga dan Kelengkeng. Kemudian ribuan bibit tersebut akan dibagikan untuk Polres 10 ribu bibit, Dinas Pendidikan 10 Ribu bibit, KNPI 10 ribu bibit, PKK 10 ribu bibit dan lingkungan perkantoran 5000 bibit. “Mudah-mudahan ini bisa menghijaukan kembali wilayah yang dianggap gersang, seperti dinas [endidikan bibit tersebut dibagikan ke sekolah-sekolah. Sebab hutan dan lingkungan yang hijau, dapat mengantisipasi hal -hal yang tidak dinginkan,” jelasnya.

Dikatakanya, bibit tersebut kemarin sudah sampai langsung di Kantor  Dishutbang ESDM rencanaya akan dibagikan pada hari Senin (3/12). Sedangkan untuk Dispenbud sudah dibagikan terlebih dahulu karena titik yang akan dibagikan terlalu banyak. “5 titik yang ditanami tersebut merupakan jalan lingkungan, jalan umum dan perbukitan semuanya harus ditanami dengan baik,” jelasnya. (823)