Dishut Butuh Dukungan Warga

KOTA MANNA, BE – Dalam rangka mengamankan hutan lindung (HL) dan hutan produksi terbatas (HPT) di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan dari para perambah dan pelaku illegal logging, Dinas Kehutanan dan ESDM BS butuh dukungan warga.

Kadishut dan ESDM BS, Ir Toni Gusnaidi melalui Kabid Keamanan Hutan, Nasrul Khalik SH kepada BE mengatakan, saat ini pihaknya terus memantau aktifitas perambahan dan illegal logging di lokasi HL dan HPT di wilayah BS tersebut. Sebab itu dukungan warga sekitar HL dan HPT sangat dibutuhkan, terutama memberikan informasi terkait adanya kegiatan perambahan dan illegal logging di daerah mereka. “Guna mengantisipasi perambah dan pelaku illegal logging, kami terus melakukan razia seperti yang dilakukan Selasa, kemarin. Dan kami berharap warga dapat mendukung kegiatan pengamanan HL dan HPT ini, supaya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor bisa diminimalisir,” ajak Nasrul.

Di sisi lain, meskipun sempat memergoki kegiatan illegal logging di HPT Peraduan Tinggi di wilayah Desa Ganjo, Pino saat razia Selasa lalu, pihak Dishut tidak mampu meringkus pelakunya. Pasalnya saat Polhut mendekati lokasi, pelaku pemotong kayu dan juga tukang angkut sudah keburu kabur. Polhut hanya berhasil mengamankan kayu dalam bentuk papan ukuran 5 X 25 cm dan 1 unit mesin chainsaw.(369)