Dishub Tak Mampu Fungsikan Terminal

KOTA MANNA, BE – Terminal Gunung Ayu yang dibangun kisaran tahun 2000 lalu, hingga saat ini terbengkalai karena tidak berfungsi. Sebab kendaraan angkutan umum enggan memanfaatkan terminal itu untuk transit penumpang.
Kadishubkominfo Budpar BS, Drs Yulian Fauzi MAP melalui Kabid Perhubungan Sairi SSos ketika dikonfirmasi terkesan pasrah menanggapi permasalahan Terminal Gunung Ayu tersebut. Alasannya, pihaknya sudah berupaya untuk memfungsikan terminal, namun sopir angkutan umum tetap tidak mau menaikan dan menurunkan penumpang di tempat itu. “Sebenarnya kami sudah berupaya memfungsikan terminal itu kembali, namun para sopir tetap bandel, jadi mau gimana lagi?” katanya seakan pasrah.
Sairi mengaku, selama ini Dishub sudah sering melakukan razia, bahkan hampir setiap bulan, namun para pengendara selalu menolak untuk masuk terminal. Sehingga pihaknya tidak mampu mengaktifkan kembali terminal itu. “Sepertinya menunggu kesadaran pengendara itu mau masuk terminal, supaya terminal aktif kembali,” ucapnya.
Sementara itu, Radit (26), salah seorang sopir angkutan Manna-Kota Bengkulu, mengungkapkan, dirinya siap masuk ke terminal tetapi pihak Dishub dapat bertindak tegas. Sebab, jika hanya sebagian yang dipaksa masuk ke terminal, maka pihaknya tidak akan mendapatkan penumpang. “Kalau semua kendaraan angkutan masuk Terminal Gunung Ayu, saya siap. Tapi jika tidak ada ketegasan dari pihak Dishub, ya kami yang rugi karena kendaraan lain tetap bebas berkeliaran antar jemput penumpang,” ucapnya.(369)