Dishub Intensifkan Razia Truk Batubara

TABA PENANJUNG, BE- Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika dan Pariwisata Bengkulu Tengah, memastikan tetap memantau dan merazia truk batubara. Khususnya truk yang tidak menggunakan terpal penutup saat melintas di jalan raya. Sebagaimana instruksi Bupati Ferry Ramli.

“Kami masih terus memantau truk Batubara yang tak mengenakan beterpal. Masih ada beberapa sopir yang bandel. Sopir yang tidak mematuhi imbauan memakai terpal kami tilang,” ujar Kepala PJR Dishub Benteng, Zainal Abidin, saat razia KIR (Keterangan Izin Registrasi) kendaraan siang kemarin di depan pasar Taba Penanjung.

Menurut Zainal Abidin, walaupun masih ada sopir yang belum mematuhi aturan menggunakan terpal ini, namun jumlahnya relatif sedikit. Secara umum sopir sudah menyadari perlunya memasang terpal tersebut. Selain untuk kenyamanan warga dan pengendara yang melintas, juga keamanan muatan batubara itu sendiri.

“Ya kalau dibiarkan debu batu bara bisa berserakan mengganggu aktivitas warga, juga pengendara yang sama-sama lewat. Sejak ada himbauan bupati, sebagian besar sopir sudah memakainya. Sedikit saja truk batubara yang tak memasang terpal,” kata Zainal.

Zainal menegaskan Dishub bakal bertindak tegas bila masih ditemukan truk batu bara yang tidak memasang terpal. Pemantauan terhadap truk batubara, selain dengan razia rutin juga dengan menerima laporan dari masyarakat. “Kita terus mengawasi penerapannya di jalanan umum. Bila ada warga melapor ada truk batubara tidak mengunakan perpal, kita langsung bergerak,” jelas Zainal. (122)