Dishub Bengkulu Diminta Maksimalkan Pengawasan LLAJ


Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, meminta kepada Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, memaksimalkan pengawasan terkait penggunaaan jalan Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Hal itu bertujuan agar kendaraan yang melintas tidak melebihi tonase.

Terkait Pemerintah Provinsi Bengkulu saat ini tengah gencar mengoptimalkan pembangunan infrastruktur dasar dan strategis salah satunya jalan, sebagai bentuk aksesibilitas wilayah kabupaten/kota dan konektifitas Bengkulu dengan beberapa provinsi tetangga.

“Jadi ini perlu tindakan yang strategis, agar hal tersebut dapat kita carikan solusinya sesuai dengan kondisi yang ada,” ungkap Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti usai membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Forum LLAJ Provinsi Bengkulu Tahun 2019, di grage Hotel Bengkulu, Kamis (25/4/19).

Nopian mengatakan, melalui Rakor Forum LLAJ ini melahirkan sinergi pembangunan sektor perhubungan darat dari berbagai pihak terkait, baik pusat dan daerah. Maupun antara kabupaten/kota dan provinsi, termasuk organisasi perangkat daerah (OPD) lain sebagai pendukung sektor perhubungan ini.

“Seperti apa kebijakan kedepan, untuk itu kita berkolaborasi dan bersinergi membangun Provinsi Bengkulu, khususnya melalui sektor perhubungan,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu Darpinuddin menuturkan, terkait pengendalian tonase terhadap kendaraan yang melintas di sepanjang wilayah Bengkulu, kedepan akan dimaksimalkan jembatan timbang yang ada. Termasuk dengan mengusulkan UPT Jembatan Timbang ke Kementerian Perhubungan untuk pembangunan di wilayah perbatasan Bengkulu-Lampung dan Bengkulu-Sumatera Barat.

“Masalah tonase kita telah melakukan pertemuan bersama mitra. Jika memungkinkan kita mengusulkan pembangunan jembatan timbang di daerah perbatasan,” jelasnya. (HBN)