Dishub Bengkulu Cek Armada Lebaran 2018

 

cek fisik
Foto/ iman bengkuluekspress.com
Para petugas mengecek langsung kondisi fisik bus di terminal bus PO SAN di kawasan Kampung Bali, Kota Bengkulu, Rabu (6/6/18)

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Menjelang hari Raya Idul Fitri 1439 H, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu melakukan pengecekan kesehatan (Rump Check) terhadap armada bus yang digunakan untuk mengantar pemudik asal Bengkulu, ke kampung halamannya. Pengecekan dilakukan di empat Loket di Kota Bengkulu, Rabu (6/6/2018).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Budi Djatmiko mengatakan, pengecekan dilakukan untuk mengantisipasi adanya bus yang tidak layak beroperasi tetapi masih dijalankan.

“Jadi pengecekan yang kita lakukan hari ini yang pertama terkait dokumen surat menyurat kendaraan, lalu uji kelayakan bagian bus seperti rem, lampu (sein), ban kita cek semuanya,” terangnya kepada bengkuluekspress.com, Rabu (6/6/18).

Lanjut Budi, puncak arus mudik menjelang lebaran Idul Fitri diperkirakan sekitar tanggal 8-9 Juni 2018. Jalur lalu lintas sangat padat, baik itu jalur penerbangan maupun darat.

“Dari informasi yang kami terima, untuk jalur penerbangan penumpangnya sudah penuh. Mungkin karena itu banyak yang beralih ke angkutan darat. Sehingga angkutan darat Jakarta-Bengkulu mulai tanggal 8 dan 9 Juni 2018 kita prediksikan cukup penuh juga,” imbuhnya.

Kedepannya, tim dari penguji tetap melakukan rump ceck terkait bus yang berangkat keluar Provinsi Bengkulu dengan berkala.

“Kita selalu memantau dengan melakukan pengecekan. Apabila ada temuan yang tidak layak nantinya kita pasti bertindak cepat. Dengan tidak memberikan rekomendasi (izin) beroperasi. Kalau memang ketahuan ada yang memaksa bisa izin trayeknya kita cabut,” tegasnya. (Imn)