Dishub Bangun Pelataran Angdes

TALANG EMPAT, BE– Sebentar lagi puluhan Angdes Jurusan Nakau-Taba Penanjung di Bengkulu Tengah tak lagi terlantar seperti sekarang. Karena tak memiliki tempat parkir yang jelas, dan tak memiliki terminal memadai.  Terhitung 2 bulan ke depan, dipastikan Angdes mendapat lokasi parkir baru, berupa pelataran seluas 22x 15 m2.

Pelataran parkir Angdes ini dibangun menggunakan dana APBD senilai Rp 92 juta.  Fasilitas ini disiapkan Dinas Perhubungan Informasi Komunikasi dan Pariwisata (Dishukominfopar) .

“Pelataran itu disiapkan untuk Angdes parkir, biar tak lagi seperti sekarang. Mereka nantin wajib masuk ke pelataran parkir, dengan pungutan retribusi Rp 2 ribu

permobil. Namun penerapan retribusi ini nanti menunggu Perda dulu. Sebelum ada Perda retribusi belum akan dikenakan,” kata Ayatul Mukhtadin, SH, Kabid Darat Dshubkominfo Benteng.

Pembangunan pelataran ini dimulai tahun 2013 dan dilanjutkan dengan pembangunan pelataran lainnya. Sedangkan pelataran yang tengah dibangun sekarang, dipastikan hanya memuat beberapa Angdes saja. Diketahui saat ini terdapat 92 angdes jurusan Nakau-Taba Penanjung. “Kami rasa cukup muat untuk seluruh Angdes.  Tahun 2013  nanti pelatarannya ditambah lagi,” kata Ayat.

Ayat memastikan Bulan Oktober nanti pelataran itu sudah bisa digunakan. Mengingat pengerjaannya hanya memakan watu maksimal 90 hari kalender. Sementara pelaksanaannya hanya memakan waktu sekitar 1 bulan.

“Mereka (Angdes-red) bisa langsung parkir begitu pembangunan pelataran selesai. Retribusi belum dikenakan karena menunggu Perda atau Perbup dulu,” kata Ayat lagi.

Selain pelataran, Ayat menuturkan pembangunan fisik juga meliputi pembangunan Pos Nakau dan rehab ringan Terminal Taba Penanjung. Total pembangunan fisik tersebut, termasuk pelataran menggunakan dana senilai Rp 170 juta. Di samping pembangunan itu, Dishub juga memasang warning light sebanyak 2 unit di depan terminal Nakau, menggunakan DAK 2012. “Semuanya kegiatan pembangunan 2012, pembangunan dan rehab dari dana APBD sedang waring light DAk 2012,” tutur Ayat. (122)