Dishub Bangun Lapangan Parkir PNS

Bakti/Bengkulu Ekspress Sekretaris Dishub Kabupaten Benteng, Zainal Abidin SP menunjukkan lapangan parkir yang sedang dibangun untuk mendongkrak retribusi parkir tahun 2019, Sabtu (18/5).

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress– Berbagai upaya dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) meningkatkan retribusi parkir tahun 2019. Salah satunya adalah membangun lapangan parkir yang berlokasi di lokasi perkantoran Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat. “Pembangunan lapangan parkir merupakan salah satu cara untuk menggenjot retribusi parkir,” ungkap Sekretaris Dishub Kabupaten Benteng, Zainal Abidin SP.

Lebih lanjut, Zainal menuturkan, pembangunan lapangan parkir merupakan salah satu inisiatif yang muncul mengingat banyak pegawai negeri sipil (PNS) memarkirkan kendaraannya di rumah warga Desa Nakau. Informasi yang diperoleh, PNS sengaja meninggalkan kendaraan roda dua mereka dan pergi ke kantor yang berlokasi di Desa Renah Semanek dengan menumpang kendaraan pejabat.

“Dengan adanya lapangan parkir milik Dishub, seluruh PNS diarahkan untuk memarkirkan kendaraan di lokasi yang telah kami siapkan,” tegas Zainal.

Selama diparkir, pihaknya akan menugaskan tenaga kerja honorer untuk melakukan penjagaan serta mengatur kendaraan yang keluar dan masuk. “Semua kendaraan akan diparkir secara tertib dan aman,” tambah Zainal. Zainal menyebutkan, besaran biaya parkir yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan bervariasi dan disesuaikan dengan kendaraan yang dimiliki. Yakni, Rp 1.000 untuk kendaraan roda dua (motor,red), Rp 2.000 untuk kendaraan roda empat.

“Intinya adalah untuk mencapai target yang telah ditetapkan tahun 2019 ini, yakni sebesar Rp 52 juta. Bahkan, kami berharap target bisa terlampaui,” tandasnya.

Selain titik parkir yang merupakan aset Pemda Benteng, Zainal mengatakan, pihaknya juga bekerjasama dengan pihak ketiga serta BUMDes dalam memungut uang parkir.Ditegaskan dia, penarikan retribusi parkir di Kabupaten Benteng didasarkan atas Peraturan Daerah (Perda) nomor 12 tahun 2012 dan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 5 tahun 2017 tentang penyelenggaraan dan pemungutan retribusi parkir di tepi jalan umum. “Sejauh ini, ada 16 titik parkir yang berada di tepi jalan lintas. Selain itu, kami juga bekerjasama dengan pengelola pasar tradisional se-Kabupaten Benteng,” demikian Zainal.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*