Dishub Kota Bengkulu Amankan Lintasan Bengkulu RUN

Bengkulu RunBENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu siap menyukseskan event Bengkulu RUN dalam rangka HUT Kota Bengkulu ke-298 dan HUT Bengkulu Ekspress ke-12 dan BETV ke-3 yang akan digelar, Minggu (26/3) mendatang.

Untuk mengatur jalannya Bengkulu RUN tersebut agar tetap kondusif dan lancar, Dishub akan melakukan rekayasa lalu lintas pada saat acara itu berlangsung.

“Setelah rapat kemarin, kami dari Dishub diminta untuk mengatur rekayasa lalu lintas agar kegiatan Bengkulu RUN tersebut berjalan dengan sukses. Sesuai dengan rekayasa lalu lintas, maka kami ditugaskan untuk mengamankan daerah-daerah yang menjadi lintasan lari,” ungkap Kabid Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Bengkulu, Mardikusuma SSos kepada BE, kemarin (14/3).

Dijelaskannya, strategi rekayasa lalu lintas yang nantinya akan diterapkan adalah dengan cara mensterilkan jalanan yang menjadi lintasan lari 10 Km tersebut.

Setidaknya ada sekitar 20 titik yang menjadi fokus Dishub untuk mengamankan kegiatan Bengkulu RUN tersebut. Diantaranya adalah sekitar area Sport Center, Simpang Lima Ratu Samban, Jalan Soeprapto, dan jalan disepanjang pantai. Mengingat rute lari tersebut masuk dalam kawasan yang ramai dilintasi masyarakat, maka Dishub akan menutup sementara jalan tersebut.

“Nanti di titik-titik itu kita akan sterilkan dari kendaraan. Jadi ditutup sementara saat perlombaan berlangsung, setelah selesai maka akan dibuka kembali,” paparnya.

Mardi menyebutkan, rekayasa lalu lintas tersebut dinilai sangat penting dilakukan mengingat kemungkinan peserta yang akan mengikuti Bengkulu RUN tersebut bisa mencapai 500 orang.

Dengan kondisi demikian bila jalan yang dijadikan lintasan lomba lari marathon 10 Km tersebut tidak disterilkan dari kendaraan, maka dikhawatirkan akan dapat mengganggu para atlet yang sedang berlari. Apa lagi mengingat event Bengkulu RUN tersebut juga diikuti oleh para atlet lari profesional yang datang dari daerah luar Bengkulu. Untuk itu, Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dishub Kota Bengkulu berkomitmen menyukseskan kegiatan tersebut dengan cara turut mengamankan lintasan.

“Nantinya kami juga akan bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam hal ini adalah polisi lalu lintas dari Polres Bengkulu. Yang pastinya kita menginginkan kegiatan ini berjalan dengan sukses tanpa terkendala apa pun,” tukasnya.

Adapun rute Untuk lomba lari 10 km yakni dimulai dari Sport Center, melewati jembatan Benmall, depan Rafflesia City Hotel, memutar jembatan, Polsek Ratu Agung, Simpang 3 lupis Penurunan, Anggut, Simpang 5, Jalan Soeprapto, Masjid Jamik, Unihaz, Polres Bengkulu, memutari Benteng Marlborough, Simpang 3 Tapak Paderi, Mess Pemda, RM Marola, dan kembali ke Sport Center.

Sementara untuk track lari 5 Km dimulai dari Sport Center, memutari jembatan depan Rafflesia Hotel, depan Benmall, Simpang Tiga Lupis, Anggut, Simpang 5 Ratu Samban, memutari Anggut, depan rumah Bung Karno, Grage Horizon Hotel, dan kembali ke Sport Center.

Nantinya, di sepanjang rute lari 10 Km tersebut akan terdapat 15 pos yang akan dijaga oleh juri pos. Juri pos tersebut bertugas untuk memberikan penilaian terhadap peserta apakah ada peserta yang melakukan pelanggaran atau tidak.(311)