Diserang Hama Pianggang Ratusan Ha Sawah Terancam Gagal Panen

sawah

Apr 12, 2017 @ 15:02

SEGINIM, Bengkulu Ekspress – Ratusan hektar sawah di Ataran Datar Rungau, Desa Penandingan dan Pasar Baru Kecamatan Seginim terancam gagal panen, setelah diserang hama pianggang atau walang sangit.

Yanto (39), petani Desa Banding Agung Kecamatan Seginim, mengatakan, serangan pianggang itu dikhawatirkan membuat buah padi gagal berbuah, sebab kini buahnya sudah keluar dan berumur sekitar 2,5 bulan.

“Hama pianggan ini sangat banyak, padahal buah padi baru berisi,” keluhnya, Selasa (11/4/2017).

Hal senada disampaikan Arun (51), petani di ataran Datar Rungau lainnya. Guna mengantisipasi hama pianggang itu, pihaknya sudah berusaha dengan menyemprotnya pakai racun pianggang yang biasa digunakan selama ini. Hanya saja, serangan hama pianggang tidak juga berhenti, bahkan semakin banyak.

Sebab itu, ia berharap Pemda BS dalam hal ini Dinas Pertanian Bengkulu Selatan dapat mencarikan solusi menanggulangi serangan hama pianggang ini.

“Kami sudah kewalahan menghadapi hama pianggang ini, kami berharap dinas terkait dapat membantu kami mengatasinya, agar padi kami tidak gagal panen,” harap Yanto. (369)