Diserang Hama, Petani Kaur Terancam Gagal Panen

DISERANG: Kondisi padi petani desa gedung sako yang menguning dan terancam gagal panen akibat diserang wereng, Senin (14/9)

KAUR SELATAN,  bengkuluekspress.com – Sejumlah petani Desa Gedong Sako Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur beberapa hari terakhir ini mulai mengeluh. Sebab padi sawah mereka banyak yang menguning karena diserang hama wereng. Akibatnya, beberapa hektar tanaman padi mereka yang sedang berbuah itu pun terancam gagal panen.

“Ya kami petani gedung sako ini menguluhkan serangan hama wereng. Karena serangan hama wereng ini membuat tanaman padi kami mengering dan mati,” ujar Kaharudin (41), salah satu petani setempat Senin (14/9).

Dikatakannya, hama wereng menyerang padi mereka yang siap panen, yakni pada usia padi sekitar 60 hari setelah tanam. Pihaknya semakin merugi karena juga menanggung biaya operasional dan perawatan tanaman. Apalagi penyebaran serangan hama wereng ini sangat cepat. Karena melihat tanaman padinya mulai mengering dan menguning.

“Hama ini sulit dibasmi karena jumlahnya sangat banyak, bila pagi hari kita semprot dengan pestisida, besok paginya masih ada lagi. Kami petani berharap mendapat perhatian pemerintah,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kaur, Nasrul Rahman SHut Msi ketika dikonfirmasi terkait dengan serangan hama ini menyebutkan, pihaknya belum menerima laporan rinci dari serangan hama jenis wereng yang melanda kawasan persawahan petani Kecamatan Kaur Selatan tersebut. Namun Dispertan nantinya akan memberi bantuan untuk penanggulangan hama tersebut.

“Serangan hama ini harus mendapat penangganan serius, karena hasil panen nantinya akan turun dan apabila para petani tidak rajin melakukan penyemprotan, nanti masalah ini akan kita atasi,” jelasnya. (irul)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*