Disdukcapil Sudah Go Digital

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat terkait administrasi kependudukan (Adminduk), seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) se- Indonesia harus go digital. Begitu juga dengan Disdukcapil Kabupaten Bengkulu Utara (BU) saat ini sudah memberlakukan Tanda Tangan Elektronik (TTE) dalam pelayanan Adminduk.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Disdukcapil BU H Juhirjo SH MH.”Sejak dicanangkan pada oktober 2018 dan diberlakukan pada Januari 2019 oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri, seluruh Disdukcapil se-Indonesia harus go digital dalam meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat,” kata Kepala Disdukcapil BU H Juhirjo SH MH.

Ia menerangkan, saat ini Disdukcapil BU sudah memberlakukan TTE untuk semua urusan penandatanganan tentang adminduk yang selama ini tanda tangan manual menggunakan pena, sekarang sudah lebih canggih dengan menggunakan aplikasi dengan sistem barcode.

“Jadi saat ini di Disdukcapil BU untuk urusan tentang adminduk tidak akan lagi terhambat dan bisa lebih cepat dari sebelumnya. Pasalnya, TTE sudah diterapkan, tidak harus menunggu Kepala Dinas lagi untuk penandatanganan, tinggal klik di aplikasi tersebut,” terangnya.

Meskipun untuk pelayanan di Disdukcapil BU sudah go digital semua, Kadis Disdukcapil BU mengungkapkan pihaknya masih mengalami kendala yakni untuk cetak dokumen kependudukan seperti akta belum bisa dilakukan dil okasi pelayanan kecamatan dan desa. Hal itu dikarenakan hingga saat ini alat perlengkapan ubtuk di kecamatan dan desa belum ada.

“Insya Allah tahun depan untuk alat dan perlengkapan di kecamatan dan desa sudah dapat terealisasi,” ungkapnya.

Ke depan, Juhirjo menuturkan, pihak Disdukcapil BU akan terus berbenah terutama dalam hal reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik. Disdukcapil berkeinginan ke depannya memberikan pelayanan prima.

Namun untuk memberikan pelayanan prima, perlu dukungan dari internal Aparatur Sipil Negara (ASN) di Disdukcapil, sarana dan prasarana serta dukungan masyarakat.”Kalau masyarakat mengurus adminduk, kita minta agar syaratnya lengkap sehingga enak memprosesnya. Ini bagian dari peranan penting masyarakat untuk mendukung program kita ini. Meski belum bisa dilakukan secara menyeluruh dan instan, kami akan berupaya secara bertahap memberikan pelayanan prima,” pungkasnya. (127)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*