Disdukcapil Seluma Pastikan Sudah Beri Pelayanan Prima

TAIS, bengkuluekspress.com – Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Seluma tetap “ngotot” bahwa pelayanan yang diberikan telah prima. Meskipun berbagai keluhan disampaikan. Seperti yang dialami oleh Ketua Yayasan Berjaya Kasih, David. Ia mengatakan ada pasien yang akan dibawa berobat oleh yayasan yang dipimpinnya, Johan, warga Desa Talang Benuang, Kecamatan Air Periukan. Namun terkendala Kartu Keluarga yang hingga saat ini belum juga selesai dicetak. Sehingga pengobatannya pun ikut terdampak, dari belum terselesaikannya Adminduk yang telah ada.

“KK-nya belum dapat, jadi belum dapat diuruskan BPJS-nya. Sudah disampaikan ke Capil, tapi belum juga dapat. Padahal ini urgent, warga yang bersangkutan mau kami bawa berobat,” terang David.

Dijelaskan, bahkan selama pengobatan keluarga pasien mondar-mandir mendatangi Dinas Dukcapil, namun tetap saja apa yang disampaikan petugas dari Capil adalah masih proses di server pusat. Sehingga menunggu merupakan jalan alternatif. Permasalahan salah data dalam Adminduk dan data tak online, seolah pihak Disdukcapil Seluma lepas tangan. Dalam artian, begitu data dikirim ke kementerian yang membidangi, tidak ada koordinasi lagi. Sebab tidak onlinenya data Adminduk ini, baru diketahui setelah Adminduk tersebut akan dipergunakan oleh pemilik.

“Kemarin data saya belum online, sudah hampir setahun. Saya tahu saat akan mengurus BPJS Kesehatan. Baru Jum’at (26/3/2021) online, itu setelah diberitakan media,” jelasnya.

Walau kritik dan keluhan terus disampaikan terhadap pelayanan di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Seluma. Namun pihak Disdukcapil menyatakan tidak ada lagi keluhan atau kesalahan. Kesalahan yang ada, bukan oleh Disdukcapil tetapi pihak kementerian yang membawahi Disdukcapil Seluma.

“Kalau di kami semua telah maksimal. Terkait online data itu urusan kementerian yang membidangi,” sampai Kadisdukcapil Seluma, Irzani melalui Sekretaris, Dewi Ilmiawanti saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Menyikapi ini, Waka II DPRD Seluma, Ulil Umidi, SSos, MSi meminta pihak Disdukcapil Seluma mengevaluasi kembali pelayanan yang diberikan. Tidak mesti selalu dan tiap hari bekerja jika pekerjaan asal-asalan. Jangan sampai bekerja taip hari tersebut tidak membuahkan hasil yang baik.

“Tidak salahnya melakukan evaluasi. Ini demi kebaikan pelayanan yang diberikan. Kalau masih ada yang mengeluh berarti belum maksimal,” sampainya.

Ulil mengatakan dirinya terus memantau pemberitaan yang berkembang di Disdukcapil Seluma. Sehingga dirinya meminta pihak Disdukcapil untuk berbenah, dengan mengevaluasi kinerja baik petugas maupun pelayanan yang diberikan.

“Jadi pejabat jangan anti kritik. Saya yakin apa yang disampaikan media ini benar. Berdasarkan investigasi langsung ke masyarakat,” sampai Ulil.

Ulil meminta Bupati Seluma segera menyikapi ini. Program Seluma melayani harus terwujud, bukan hanya di Disdukcapil tapi juga OPD lainnya yang berhubungan dengan pelayanan.

“Kami DPRD Seluma sangat mendukung semua program yang dilaksanakan Bupati dan Wakil Bupati Seluma. Sebagai fungsi pengawasan, kami juga akan terus pantau, hingga semua program yang dilaksanakan tersebut sukses dan dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*