Disdukcapil Layani Warga di Tempat

Menteri Sosial Juliari Peter Batu Bara bersama Bupati BU Ir H Mian saat menyerahkan data kependudukan kepada masyarakat, kemarin (2/3).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspresss – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkulu Utara terus melakukan jemput bola.

Hal tersebut terbukti pada kegiatan akbar yang digelar di Balai Daerah Kabupaten BU dalam rangka Launching Program Sembako oleh Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, seninĀ  (2/3).

Dimana dalam pelayanan jemput bola yang dilakukan oleh pihak Disdukcapil BU ini sempat dikunjungi oleh Menteri Sosial Dukcapil melayani masyarakat melakukan perekaman E-KTP dan pelayanan lainnyanya.

Kepala Disdukcapil BU, Drs Waluyo MM saat ditemuia awak media mengatakan bahwa program pelayanan dalam kependudukan ini sengaja pihaknya lakukan jemput bola dalam kepengurusan penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil cetak di tempat yang diberi nama Dukcapil Mobile.

“Ya Dukcapil Mobile ini dalam rangka upaya kita mempermudah masyarakat yang ingin mengurus pnerbitan dokumen kependudukan,” kata Waluyo.

Menurutnya, program Dukcapil Mobile ini segela kepengurusan kependudukan ada, seperti pencetakan kartu keluarga, E-KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Perkawinan hingga pencetakan Akta Kematian.

“Allhamdulillah dari program jemput bola yang kita lakukan ini, dimanfaatkan langsung oleh masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini.

Dan juga tadi juga dalam pemberian secara resmi juga dilakukan oleh Pak Menteri Sosial Juliari Peter Batubara,” ungkapnya.Ia mengaku pihaknya terus melakukan upaya dalam kepengurusan kependudukan di KabupatenBU.

Dimana untuk saat ini masih ada sekitar 5 ribu masyarakt BU yang belum memilik E-KTP kerena masih banyak yang menggunakan surat keterangan (Suket).

Maka dari itu pihaknya mengimbau kepada msayarakt untuk segera mengganti Suket tersebut dengan E-KTP.

karena untuk blanko sendiri di Disdukcapil saat ini sudah tersedia”Kita mengharapkan kepada seluruh masyarakat BU yang masih menggunakan Suket untuk segera menggantikannya dengan E-KTP.

Untuk pergantiannya sendiri tidak dipungut biaya sepeser pun, langsung datang ke kantor Disdukcapil BU, maka E-KTP anda segera dicetak,” tandasnya.(127)