Disdukcapil BS Sudah Bisa Cetak Dokumen Adminduk Lagi

Gunawan Suryadi SSos MAP

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com  – Setelah sebelumnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bengkulu Selatan (BS) belum bisa mengeluarkan atau menerbitkan semua jenis dokumen administrasi kependudukan. Baik itu kartu keluarga (KK), akte kelahiran dan surat pindah domisili dan lainnya. Lantaran saat itu Tanda Tangan Elektronik (TTE) milik Disdukcapil BS masih dalam tahap proses izin perpanjangan sertifikat elektronik secara nasional, antara Disdukcapil BS dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Jakarta, yang difasilitasi Dirjen Disudkcapil Kemendagri.

“Saat ini masalah itu sudah selesai dan kami sudah bisa mencetak lagi kartu adminduk,” Kata Kepala Disdukcapil BS, Gunawan Suryadi SSos MAP.

Dikatakan Gunawan, Dirinya mengaku sejak tetunda pelayanan lantaran belum diperpanjangnya TTE, selama ini ribuan dokumen siap cetak. Sehingga kemarin petugasnya langsung mencetak dokumen tersebut. Kemudian siap dibagikan memasyarakat.

“Dalam sehari ini, sudah ,1000 lebih dokumen adminduk kami cetak,” ujarnya.

Dijelaskan Gunawan, selama proses pengurusan perpanjangan TTE, pihaknya tetap memberikan pelayanan. Hanya saja, untuk proses cetak dokumen kependudukan belum bisa dilakukan dan ditunda dulu, kecuali jika memang emergency Disdukcapil tetap menerbitkan draf secara manual dengan tandatangan dan cap basah.

“Mudah-mudahan ke depan pelayanan penerbitan adminduk bisa lebih maksimal lagi,” harap Gunawan. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*