Disdukcapil BS Siapkan Pelayanan Langsung

REKAM: petugas Disdukcapil BS saat melakukan rekam data warga di kantor Disdukcapil BS.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bengkulu Selatan(BS), Gunawan Suryadi SSos MAP mengatakan, pihaknya saat ini masih menerapkan pelayanan secara daring guna meminimalisir penyebaran Covid-19 di BS. Akan tetapi, untuk beberapa waktu kedepan sudah mulai dipersiapkan untuk pelayanan langsung jika kondisi sudah memungkinkan. Mengingat antusias masyarakat untuk mengajukan permohonan adminduk secara langsung tetap ramai di kantor Disdukcapil, baik pengajuan KTP-el, KK, Akte Kelahiran, Akte Kematian dan dokumen kependudukan lainnya.

“Untuk saat ini pelayanan masih diterapkan secara online bisa melalui aplikasi Whatsapp atau melalui nomor kontak yang sudah ada di pengumuman sesuai jenis layanan, jika kondisi daerah sudah pulih kembali terhadap Covid-19, kami akan upayakan pelayanan langsung atau tatap muka kembali, namun pelayanan secara online tetap dilakukan, saat ini sedang persiapan untuk kelengkapan fasilitas pelayanan langsung dalam suasana Covid-19,” ujarKepala Dinas Dukcapil BS, Gunawan Suryadi SSos MAP.

Dijelaskan Gunawan, dengan fasilitas yang ada sekarang ini tentu akan lebih memudahkan bagi warga dalam pengajuan dokumen adminduk dengan aplikasi Disdukcapil telah Go-Digital. Salah satunya, penerapan tanda tangan digital atau tanda tangan elektronik (TTE), untuk penerbitan dokumen kependudukan. Langkah ini dilakukan untuk memotong waktu layanan, sesuai dengan persiapan program Sehari Mesti Jadi (Semedi) untuk proses layanan dokumen adminduk. Dengan penerapan tanda tangan digital pada penerbitan dokumen kependudukan, maka kami bisa menandatangani dokumen kependudukan di mana saja.

“Kami tetap berupaya meningkatkan pelayanan masti saat ini dengan keterbatasan anggaran dan fasilitas yang ada di Disdukcapil, termasuk dengan kondisi pandemic Covid-19 saat ini pelayanan prima tetap diupayakan dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan,” demikian Gunawan. (asri)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*