Disdikbud Siapkan Reward UN

Foto : Ist

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) provinsi Bengkulu sudah menyerahkan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA/SMK dan Paket C. Namun belum membeberkan ke-49 siswa peraih nilai sempurna.

Terlepas dari itu, Disdikbud provinsi Bengkulu telah mengalokasikan anggaran puluhan juta untuk reward para siswa/siswi terbaik provinsi dan peraih nilai sempurna. “Seperti tahun-tahun sebelumnya, mereka yang terbaik dan peraih nilai sempurna akan kita berikan reward, apa bentuknya belum kita bicarakan. Hanya saja anggaranya sudah disediakan, ” ungkap Kadis Disdikbud, Drs. Budiman Ismaun M.Pd, seraya menegaskan pemberian reward hanya diperuntukkan bagi siswa/siswi terbaik, sedangkan reward bagi sekolah yang telah andil dalam memberikan pembinaan tidak disiapkan.

Sementara itu ketua panitia UN R Wahyu DP menegaskan panitia telah melakukan revisi perangkingan pada perolehan rerata nilai tertinggi SMA/MA program jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial tahun pelajaran 2018/2019. Perubahan tersebut dikarenakan terjadi perubahan penghitungan pada aplikasi sehingga mempengaruhi penghitungan.



Hasil dari revisi tersebut menguntungkan beberapa sekolah/madrasah, hasil revisi itu antara lain peringkat terbaik satu program IPS tingkat SMA/MA se-provinsi Bengkulu diraih SMAN 5 Kota Bengkulu dengan rerata (73,78) disusul MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah degan rerata nilai (70,78), posisi ketiga diisi SMAN 1 Rejang Lebong dengan rerata nilai (67.23) posisi keempat diduduki SMAN 2 Bengkulu dengan rerata (66.27).

Kemudian posisi ke lima diduduki SMA IT Iqra Kota Bengkulu dengan rerata (65.15), posisi keenam diraih SMAN 6 Bengkulu dengan rerata (60.00), posisi ketujuh diraih SMAN 4 Rejang Lebong dengan rerata (57.84), posisi ke delapan diduduki SMAN 7 Bengkulu dengan rerata (57.66) posisi kesembilan diraih SMAN 1 Bengkulu Selatan dengan rerata (57.40) dan kesepuluh diraih SMAN 4 Bengkulu dengan rerata (55.92). “Revisi hanya terjadi di jurusan IPS, sedangkan bahasa dan IPA tetap, ” jelasnya.

Pada pelaksanaan UN tahun ini, wahyu cukup bangga dengan pelaksanaan UNBK yang telah berlangsung, selain UNBK telah dilaksanakan seratus persen di sekolah, hasil nilai UNBK bagus, dan hasil tersebut sebagai pemetaan serta melihat tingkat kejujuran siswa.

Hanya saja sampai saat ini Dinas Disdikbud Bengkulu belum menerima rilis Indek nilai kejujuran yang dirilis dari pusat seperti tahun-tahun sebelumnya. “Dengan UNBK diyakini siswa/siswi telah jujur, sehingga Indek kejujuran sampai sekarang belum menerima rilis dari pusat, ” jelasnya.  Namun ia yakin, tingginya nilai siswa dalam UNBK sudah menunjukkan kejujuran dan kualitas pendidikan yang cukup baik.(247)