Disdikbud Provinsi Bengkulu Ajukan PAK Guru

BENGKULU, BE – Menjelang akhir 2020, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disidbud) Provinsi Bengkulu, Bidang Tenaga Guru dan Tenaga Kependidikan harus bekerja ekstra. Untuk menuntaskan pengajuan Penetapan Angka Kredit (PAK) tahunan guru tingkat SMA/SMK se-Provinsi Bengkulu. Sebab, pemberkasan yang sudah disiapkan sejak pertengahan tahun lalu hingga kini belum juga tuntas.

”Hingga saat ini pengajuan PAK masih dalam proses. Kita engejar hingga pergantian tahun, berkas yang sudah masuk ini diharapkan sudah ditandatangani pejabat yang berwenang,” ujar Kabid Tenaga Guru dan Tenaga Kependidikan Disidkbud Multazam pada BE.

Seperti diketahui, pada Juli 2020, sejumlah guru tingkat SMA/SMK sudah mengurus berkas PAK yang belum tuntas ditantangani Kepala Dinas Disdikbud.

Ada dua jenis PAK. Ada yang tahunan dan ada juga PAK untuk kenaikan Pangkat. Khusus PAK kenaikan pangkat, berkas yang sudah diturunkan tim GTK Disdikbud tercatat 181 berkas. Sedangkan, PAK tahunan masih terus diakomodir.

Berkaitan dengan terjadinya covid-19 im GTK Disdikbud kewalahan dalam mengurus berkas PAK tersebut. Pasalnya, dari ratusan berkas yang masuk ke Disdikbud harus dikirim secara manual pada 9 tim penilai, yang mayoritas berada di kabupaten.

Selanjutnya, karena belum defenitif, maka kepala Dinas Disdikbud tidak memiliki hak menandatangani PAK. Maka, penandatangan PAK harus dilakukan gubernur. Kendalanya lagi gubernur pun kini cuti, karena mengikuti bursa pemilihan kepal

“Inilah kendalanya kenapa pemberkasan ini terkesan lambat,” jelasnya.

Namun Multazam berharap diakhir tahun ini semua persyaratan PAK sudah terpenuhi. Bila sudahlengkap sesuai dengan kegunaanya PAK tahunan bisa digunakan sebagai dasar untuk nilai SKP dan sebagai syarat kenaikan pangkat, tutupnya. (247)