Disdikbud Mukomuko Usulkan Penerima BSM

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko telah mengusulkan pelajar tingkat SD dan SMP untuk mendapatkan bantuan siswa miskin (BSM) dari Pemkab Mukomuko tahun 2021 mendatang.
“Usulan telah kami usulkan sekitar seribu pelajar, termasuk anggaran BSM-nya. Totalnya anggarannya mencapai RP 1 miliar di APBD 2021,” kata Kepala Disdikbud Kabupaten Mukomuko, H Ruslan MPd.

Menurutnya, jumlah pelajar yang diusulkan mendapatkan BSM di tahun 2021 lebih banyak, jika dibandingkan jumlah penerima BSM tahun 2020 ini.
“Tahun ini sekitar 300 orang pelajar yang mendapatkan BSM. Awalnya kita usulkan lebih dari 600 orang pelajar, karena alokasi anggaran yang disediakan dari APBD sekitar Rp 600 juta terkena refocusing akibat pandemi Covid-19, sehingga tidak semua pelajar yang diusulkan dapat BSM. Sekitar 300 pelajar SD
dan SMP yang mendapatkan BSM sebesar Rp 1,1 juta per orang dalam setahunnya,” bebernya.

Dana BSM untuk siswa miskin tersebut, kata Ruslan, diberikan secara tunai kepada pelajar yang bersangkutan melalui sekolah. Dan dana itu, untuk membeli peralatan keperluan sekolah. Contohnya untuk membeli buku tulis, pena, sepatu, tas, dan kelengkapan sekolah lainnya. Sedangkan syarat siswa bisa diusulkan mendapatkan dana BSM, diantaranya adasurat keterangan miskin dari pemerintah desa/kelurahan setempat dan pihak
kecamatan dan beberapa syarat lainnya. (900)