Disdikbud dan Polres Diseminasi  Berlalu Lintas Kurikulum PKn

Endang/BE
Kegiatan diseminasi integrasi pendidikan lalu lintas dalam mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan (PKn) dan Tematik di sekolah berlangsung di aula Disdik Kota Bengkulu, Kamis (24/9), diikuti guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) tingkat SD dan SMP.

BENGKULU, BE – Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas ditingkat pelajar. Dinas Pendidikan (Disdik) dan Polres Bengkulu, melakukan diseminasi integrasi pendidikan lalu lintas dalam mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan (PKn) dan Tematik di sekolah. Kegiatan yang dipusatkan di aula Disdik kota Bengkulu diikuti guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) tingkat SD dan SMP.

“Kegiatan ini menindaklanjuti kerja sama program Kapolri dan Kemendikbud yang direalisasikan di daerah. Dalam hal ini Disdik kota Bengkulu dan Polres Kota Bengkulu,” ungkapnya.

Dikatakan Rosmayetti, dari penjelasan Satlantas Polres Kota Bengkulu, angka kecelakaan dikalangan pelajar sangat tinggi. Hal itu terjadi akibat pelajar tidak tahu etika dan tata tertib berlalu lintas. Sosialisasi ini dinilai sangat penting. Dengan etika berlalu lintas yang disinergikan dalam mata pelajaran PKn. Maka pembelajaran tata tertib berlalu lintas dapat segera disampaikan pada pelajar. Mulai tingkat Paud, SD dan SMP di Kota Bengkulu.

Selain etika berlalu lintas disampaikan dalam kurikulum, Disdik Kota Bengkulu, pun berencana mengundang orang tua guna menyamakan persepsi dalam menekan angka kecelakaan. Dengan begitu akan ada kesamaan dalam pola pikir, agar orang tua tidak mudah memberikan izin bagi anak-anaknya untuk mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat. Orang tua hendaknya tidak melanggar, serta mengizinkan anaknya mengendarai kendaraan jika belum memiliki Surat izin Mengemudi.

”Salah satu bentuk menekan angka kecelakaan orang tua dapat berperan aktif dalam mengantar ataupun menjemput anak-anaknya baik saat berangkat atau menjemput sepulang sekolah,” tukasnya. (247)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*