Disdik Kota Bengkulu Siapkan Sidang WBTB Barong Landong

ungkap Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Martina Ningsih.

BENGKULU, BE – Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, saat ini sedang mempersiapkan proses penetapan Tradisi Permainan Barong Landong. Untuk mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

“Kita tengah mempersiapkan persentasi sidang utama penetapan WBTB secara virtual dalam waktu dekat,” ungkap Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Martina Ningsih.

Martina menuturkan, pada awal September 2020, Kemdikbud sudah menghubungi dirinya terkait masuknya nominasi tradisi tersebut, agar menyempurnakan materi persentasi. Disdik berkoordinasi dengan Balai Kelestarian Budaya Sumatera Barat. Untuk memberikan masukan sekaligus menjadi penguat dalam persentase sidang nantinya, seperti pembuat tradisi budaya barong landong, sejarah Barong Landong.

”Ini menjadi penguat dalam persentase,” bebernya.

Sidang utama Kemdikbud itu sebagai sidang penetapan dan merupakan muara akhir penetapan WBTB. Disdik Kota Bengkulu, bakal melibatkan dua maestro dan tokoh pembuat Barong Landong.

“Harapan kita usulan tradisi Barong Landong Kota Bengkulu, masuk sebagai Warisan Budaya Tak Benda,” pintanya.

Masih kata Martina, tradisi Barong Landong merupakan permainan rakyat di Kota Bengkulu. Untuk hiburan dalam situasi tertentu, seperti festival ikan-ikan dan telong- telong di Tabut, barong landong bisa memasuki pesta rakyat, seperti pernikahan, panen raya dan acara adat lainnya. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*