Disdik Kota Bengkulu Ajukan Pengadaan Komputer UBKD SD

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Dra Rosmayetti MM

BENGKULU, BE – Pelaksanaan Asesmen Uji Kompetensi Berbasis Daring (UBKD) tingkat Sekolah Dasar digelar Maret mendatang. Hanya saja, belum seluruh SD dilengkapi sarana dan prasarana komputer. Untuk itu, Dinas Pendidikan Kota Bengkulu mengusulkan pengadaan pembelian komputer ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI)

“Karena Asesmen UBKD wajib. Disdik berkoordinasi dengan Kemendikbud dan mengajukan pengadaan komputer,” kata Kepala Disdik Kota Bengkulu Dra Rosmayetti MM kepada BE Senin (16/11).

Pengajuan pengadaan perangkat komputer tersebut diusulkan melalui program E-proposal, baik melalui sumber dana APBD maupun APBN. Pengusulan ini sangat penting,karena UBKD wajib untuk seluruh satuan pendidikan. Sementara TIK tingkat SD sama sekali belum memiliki perangkat komputer.

“Pemerintah pusat melalui program bantuan pemerintah dalam dua tahun terakhir sudah mulai memberikan peralatan TIK. Ini perlu perjuangan untuk berkoordinasi ke pusat. Mudah-mudahan mendapat bantuan,” harapnya.

Pengusulan proposal diberlakukan untuk semua sekolah baik negeri maupun sekolah swasta melalui Dapodik. Kondisi sekolah dan jumlah siswa mempengaruhi nilai verifikasi sekolah yang membutuhkan dan banyak siswanya. (247)