Disdik Bengkulu Gagas Asesmen Bersama

BENGKULU BE – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sudah dihapus. Sebagai penggantinya diadakan asesmen kompetensi mandiri. Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, menggagas pelaksanaan asesmen kompetensi mandiri secara bersama untuk tingkat kota Bengkulu. Asesmen kompetensi ini untuk mengetahui kualitas anak didik.

Ketua Panitia Ujian Nasional Disdik Kota Bengkulu Huteman Mulyadi menuturkan kepada BE Rabu (20/1), “Baru-baru ini saya bersama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah tingkat SMP dan SD di Kota Bengkulu berencana mengadakan asesmen bersama tingkat kota, untuk siswa-siswi kelas 9 tingkat SMP dan kelas 6 tingkat SD.”

Asesmen kompetensi mandiri ini sebagai pengganti pelaksanaan UN. Disdik telah berulang kali menggelar pelaksanaan AKM bersamaan sosialisasi AKM tingkat nasional.

Soal yang digunakan dalam AKM itu dibuat oleh guru yang berkompeten. Ada dua bentuk soal yang disampaikan, bentuk Soal literasi dan numerasi. Untuk tingkat SMP ada empat mata pelajaran yang digunakan. Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA). Sedangkan, tingkat SD ada tiga mata pelajaran.
Persiapan ini terus dimatangkan mengingat waktu ujian sebentar lagi digelar. Diawali dengan pelaksanaan ujian praktik dan diakhiri asesmen bersama. Karena pelaksanaan ujian masih dalam masa Pandemi, pelaksanaanya pun melihat kondisi perkembangan covid-19.

“Kalau sarana dan anggaran, pemerintah kota sudah mempersiapkannya. Diperkirakan bisa dilaksanakan dilakukan pada awal April 2021,” jelasnya.

Terkait ujian praktik, Huteman menuturkan, pelaksanaan ujian praktek diharapkan bisa digelar tatap muka. Karena, ujian praktek tidak bisa daam jaringan(daring). Hanya saja, teknisnya tidak boleh melanggar protokol kesehatan.
“Kepastian pelaksanaanya tetap melihat perkembangan penyebaran covid-19,” tutupnya. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*