Disdagperinkop Benteng Gelar Pengembangan Kemasan Produk IKM

BENTENG,bengkuluekspress.com – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop dan UKM) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar pelatihan dan pengembangan kemasan produk bagi para pelaku industri kecil menengah (IKM) se-Kabupaten Benteng.Puluhan peserta diberikan materi dan praktik tentang cara mengemas produk agar tampak menarik. Dimulai dari proses
packing, branding dan labeling.
Kepala Disdagperinkop dan UKM Benteng, Sugeng Oswari SKom MSi, didampingi Kabid Perindustrian, Lusi Komariah SE mengatakan, Kabupaten Benteng memiliki potensi IKM yang besar. Sebab itulah, Disdagperinkop dan UKM Benteng mengambil peran untuk membantu pelaku IKM dalam mengemas beragam produk olahan masyarakat.
“Tujuan pelatihan ini ialah untuk menambah wawasan para pelaku IKM dalam mendesain produk mereka agar bernilai tinggi dan mampu bersaing di pasaran. Produk IKM harus memiliki kualitas yang baik, bersih (higienis) dan menarik,” kata Sugeng.

Mendukung hal itu, sambung Sugeng, pada tahun ini ada bantuan dari Pemerintah Pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) untuk pembangunan rumah kemasan yang terletak di samping gedung Dekranasda. Yaitu, di Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat.
“Harapan kami, produk IKM asal Kabupaten Benteng bisa menembus pasar modern, atau bahkan hingga pasar internasional. Dengan begitu, bisa meningkatkan harga jual produk masyarakat dan mengangkat taraf hidup masyarakat,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Benteng, Hj Elvita Fery Ramli MM menuturkan, Disdagperinkop

dan UKM Benteng diharapkan juga berperan dalam memasarkan produk IKM. Salah satunya ialah dengan menjalin kerjasama dengan minimarket yang ada di Kabupaten Benteng. Seperti Indomaret dan Alfamart.
“Diharapkan, Disdagperinkop dapat menjalin kerjasama dengan minimarket yang ada agar tersedia pojok khusus untuk memajang produk asal IKM Benteng. Melalui pemasaran yang lancar, saya yakin pelaku IKM akan lebih bersemangat dalam mengelola produk mereka. Baik itu olahan makanan, minuman ataupun produk lainnya,” pesan Elvita.(135/prw).







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*