Disbun Bengkulu Utara Usulkan Replanting Sawit

Kadisbun BU, Ir Buyung Azhari

ARGA MAKMUR, bengkuluekspress.com – Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) telah mengusulkan peremajaan atau “replanting” tanaman kelapa sawit yang tidak produktif seluas 3600 hektar lahan kepada pihak Ditjen Perkebunan Kementerian Peetanian. Dimana pengusulan ini bertujuan untuk meningkatkan produktifitas petani sawit di daerah Kabupaten BU.
“Untuk usulan replanting sudah kita usulkan ke Ditjen Perkebunan seluas 3600 hektar lahan,” kata Kepala Dinas Perkebunan BU, Ir Buyung Azhari

Buyung Azhari menambahkan, terkait dengan adanya usulan tersebut, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada seluruh kelompok tani sawit yang ada di Kabupaten BU untuk segera mengajukan lahan-lahan perkebunan sawit yang tidak produktif lagi.
“Terkait hal ini sudah ada bebrapa kelompok tani yang telah mengusulkan, kendati demikian, kita akan nelakukan jemput bola dengan cara mensosialisasikan kepada kelompok tani yang ada diwilayah Kabupaten BU,”ungkapnya.

Buyung Azhari pun sangat optimis dalam usulan tersebut bisa terwujud, hal ini berkaca pada tahun 2020 ini, dimana dari target seluas 2500 hektar lahan replanting dari Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian. Untuk Kabupaten BU mencapai 2700 hektar lahan yang melakukan replanting. Artinya untuk program replanting di Kabupaten BU over target dari target yang telah ditentukan.
“Kita sangat optimis untuk usulan replanting tahun 2021 mendatang akan sesuai dengan usulan yang kita ajukan,” tukasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*