Dirut RSMY : Tingkat Kematian Karena Covid-19 Rendah, Biasanyaa Ada Penyakit Penyerta

FOTO RIFKY/BE – Hamka Sabri Saat mengunjungi posko pelayanan Covid-19 di halaman RS M Yunus

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Direktur Utama (Dirut) RSUD M Yunus, dr. Zulkimaulub Ritonga, Sp.An mengungkapkan tingkat kematian akibat COVID-19 termasuk rendah ketimbang virus lainnya.

“Covid-19 ini sebetulnya virus yang fatality ratenya relatif rendah di antara 2-3 persen atau dampak kematian relatif rendah, jadi artinya yang kita jaga adalah ketahanan fisik diri kita masing-masing,” ujar dr. Zulki, Senin (23/3).

Disampaikan Dirut, bahwa saat ini di Bengkulu belum ada yang benar-benar dinyatakan positif Covid-19 dan kasus yang meninggal itu ada pasien yang memiliki riwayat penyakit penyerta.

“Bahwa yang meninggal itu belum diketahui apakah positif atau negatif Covid-19, rata-rata ada penyakit penyerta yang lainnya,” jeasnya.

Dijelaskan Zulki, sejak pasien meninggal dunia Sabtu (21/3) pukul 19.30 WIB, petugas RSUD M Yunus telah melaksanakan sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh undang-undang. Kendati demikian, juga tetap dilihat melalui kajian agama dan mempertimbangan dari pihak keluarga.

“Walaupun tentunya kita ada, hal-hal yang memperhatikan agama dan keluarga. Kita harus mampu melakukan modifikasi-modifikasi. Tapi prinsip dasar adalah mencegah adanya kontak langsung antara jenazah dengan orang lain lagi,” jelas Zulki. (CW1)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*