Dirjen Dukcapil Tinjau Pelayanan Dukcapil

Kasubdit Monitoring, Evaluasi dan Dokumentasi Dirjwn Dukcapil RI, Ir Diana Anggreini MS saat mengecek pelayanan Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng, selasa(18/2).

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Tim dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) RI melakukan kunjungan ke kantor Dinas Dukcapil Benteng, Selasa (18/2) kemarin.

Pada kesempatan itu, tim Dirjen Dukcapil yang berjumlah 3 orang tersebut melakukan pengecekan terhadap layanan di Dinas Dukcapil.

Dimulai dari loket pengurusan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), kartu keluarga (KK) dan akte kelahiran. Selait loket dan ruang tunggu, ruang operasional pelayanan serta sarana dan prasarana juga dicek satu-persatu. Seperti alat rekam, alat cetak dan ketersediaan sumber daya manusia (SDM).

Kasubdit Monitoring, Evaluasi dan Dokumentasi Dirjen Dukcapil RI, Ir Diana Anggreini MSi mengatakan evaluasi merupakan kegiatan rutin dari Pemerintah Pusat.

“Tujuan dari kunjungan kami adalah untuk memastikan pelayanan pada Dinas Dukcapil berjalan lancar,” kata Diana.

Lebih lanjut, Diana mengaku, pelayanan memang telah sesuai dengan standar dan prosedur. Akan tetapi, yang menjadi catatan adalah kondisi ruang pelayanan dan ruang tunggu yang dinilai belum optimal.

“Kami minta agar ruang pelayanan penduduk dibenahi. Sehingga, masyarakat yang menunggu pelayanan merasa nyaman dan tak bosan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Benteng, Ayatul Mukhtadin SH mengatakan, pelayanan tentang data kependudukan telah dilakukan secara maksimal.

Pun begitu, Ayatul menegaskan, pihaknya akan terus berbenah guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.”Apa yang kurang akan kami lengkapi. Kami juga membuka posko pengaduan jika ada masyarakat yang merasa kurang nyaman,” demikian Ayatul.(135)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*