Dirikan Pos Galian C

TAIS, Bengkulu Ekspress – Guna memastikan jumlah penagihan pajak galian C dan untuk meningkatkan pendapatan dari galian C, Bagian Pendapatan BPKD Seluma mendirikan pos galian C di Kecamatan Seluma Selatan. Pendirian pos galian C ini untuk mengetahui berapa data yang akurat guna penagihan kepada pemilik usaha galian C.

“Tujuannya agar kita dapat data yang akurat dan bisa nagih pajaknya sesuai data, sehingga PAD meningkat,” kata Kepala BPKD Seluma, Deddy Ramdhani SE MSE MA melalui Kabid Pendapatan, Darmawan Julianto SE MSi kepada wartawan, kemarin (16/12).

Disampaikannya, pendirian pos di Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan dalam rangka uji coba. Setelah uji coba pos galian C disatu titik, jika dianggap bisa mendongkrak PAD tentunya nanti akan didirikan pos galian C di beberapa daerah yang ada usaha galian C.

“Sementara ini terbanyak di wilayah Kecamatan Seluma Selatan, perharinya ada 30 mobil keluar dari kuari galian C. Sehingga data itu lah yang akan kita jadikan dasar penagihan,” jelasnya.

Dia menegaskan, bahwa pos tersebut didirikan hanya untuk mendata jumlah hasil galian C perharinya. Sehingga tidak ada transaksi di pos tersebut, karena untuk pembayaran akan langsung dilakukan di kantor BPKD. Sementara itu, target PAD dari pajak galian C pada tahun 2018 lalu tercapai 89 persen. Dari target yang ditetapkan sebesar Rp 2, 5 miliar terrealisasi sebesar Rp 2, 3 miliar.

Pajak galian C ini dipungut berdasarkan laporan produksi digalian C setiap objek pajaknya. Dari hasil laporan pemilik usaha galian C tersebutlah didapat berapa total wajib pajak yang harus diserahkan pemilik tambang kepada Pemda Seluma. Pendapatan daerah dari pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB), pada tahun 2019 ini ditargetkan mencapai angka Rp 2 miliar. Sedangkan pada tahun 2018 lalu target capaian tembus diangka Rp 1,6 miliar dari target Rp 1,2 miliar. (333)