Diprediksi Kemarau Panjang, Wawali Minta Petani Segara Tanam Padi Lagi Usai Panen

FOTO IMAN / BE – Wawali Dedi Wahyudi mencoba menggunakan alat perontok padi milik petani di Kelurahan Panorama, Selasa (16/06).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Wakil Walikota Bengkulu Dedi Wahyudi mendatangi lahan persawahan milik warga Kelurahan Panorama Kota Bengkulu, Selasa (16/6). Dedi juga meminta agar setelah panen ini petani segera melakukan penanaman kembali karena berdasarkan prediksi BMKG akan datang kemarau panjang yang bisa membuat gagal panen.

“Kita mengapresiasi para petani karena hasil panennya luar biasa. Kita meminta para petani untuk mempertahankannya karena sesuai dengan instruksi presiden mengantisipasi krisis pangan dan meningkatkan ketahanan pangan. Jadi setelah panen ini segeralah tanam kembali, karena berdasarkan prediksi BMKG akan ada kemarau panjang dalam waktu dekat,” kata Wawali, Selasa.

Tambah Dedi, berdasarkan informasi dari Bulog beberapa negara mengurangi ekspor beras ke Indonesia karena untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri mereka seperti Thailand dan Vietnam. Oleh karena itu, para petani diminta untuk tetap menanam padi dan tidak terlalu lama membiarkan lahan persawahannya kosong agar nanti kisaran bulan Agustus bisa panen kembali.

“Ya sukses panen para petani ini kita apresiasi ya, dan terus pertahankan dan kita akan suport. Nantinya jika air danau Dendam Tak Sudah sebagai sumber air persawahan ini kering, kita akan coba sedot air sungai dengan pompa. Selain itu kita juga menerima masukan langsung tadi dari para petani untuk memperbaiki saluran irigasi dan pemberian bantuan bibit, itu Insyallah kita pemerintah kota akan respon,” tambahnya.(imn)