Diplomat Vietnam Jadi Sekjen ASEAN

sekjen-asean-le-luong-minhJAKARTA – Duta Besar Vietnam untuk PBB Le Luong Minh terpilih menjadi Sekjen ASEAN yang baru. Loung Minh menggantikan Sekjen ASEAN periode 2008-2012, Dr. Surin Pitsuwan asal Thailand.

Serah terima jabatan (sertijab) dilakukan di kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta pada Rabu (9/1) kemarin. Acara sertijab disaksikan langsung oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa.

Menlu Marty mengapresiasi kepemimpinan Surin selama menjadi Sekjen ASEAN. Menurutnya, Surin telah sukses dalam mendorong laju pembentukan komunitas ASEAN.

Di bawah kepemimpinan Sekjen Asean yang baru, Marty yakin ASEAN akan terus meraih kemajuan.

“Indonesia memberikan dukungan penuh bagi Sekjen Le Luong Minh dalam melaksanakan mandatnya yang sangat penting,” kata Marty lewat siaran pers yang diterima JPNN, Kamis (10/1).

Menurut Marty, Luong Minh adalah sosok diplomat karir yang penuh pengalaman. Secara pribadi, Marty mengenal sosok Luong Minh saat keduanya bertugas di New York dan sama-sama duduk sebagai anggota DK PBB.

Dalam acara itu, Marty kembali menekankan mengenai tiga tantangan dan peluang yang dihadapi ASEAN.
Pertama, terus memelihara dan memperluas perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Kedua, terus memelihara dan memperluas ketahanan dan kemajuan ekonomi di kawasan. Ketiga, terus berjuang mewujudkan ASEAN yang bertumpu pada masyarakat.

“Kebijakan luar negeri Indonesia akan berfokus pada pencapaian Komunitas ASEAN pada 2015,” ujar menteri berkacamata itu. (dil/jpnn)