Dipasarkan, Sikat Gigi dengan Koneksi Internet

162020_329020_sikat_besarLAS VEGAS–Perusahaan startup yang berbasis di Perancis Kolibree, membuat sikat gigi cerdas pertama kali di dunia yang bisa tersambung ke internet.

Hal itu terungkap dalam acara pra opening  Consumer Electronics Show (CES) yang akan berlangsung di Las Vegas, Amerika, Selasa (7/1) besok. Produsen Kolibree toothbrush menyatakan ide pembuatan sikat gigi cerdas tersebut dikarenakan teknologi sikat gigi tidak berkembang selama ini.

“Kami ingin menemukan kembali teknologi perawatan mulut. Apalagi teknologi dalam industri ini belum berkembang selama bertahun-tahun , ” kata Loic Cessot CEO Kolibree seperti dilansir asiaone, Senin (6/1).

Dijelaskannya, sikat gigi cerdas itu bakal membekali sebuah sensor yang mampu mendeteksi dan memberikan informasi tentang berapa banyak tartar yang mampu dibersihkan ketika pengguna melakukan sikat gigi. Juga sebuah catatan aktivitas membersihkan gigi sehingga pengguna dapat mempertahankan pembersihan yang konsisten setiap kali.

“Idenya adalah tidak hanya sikat gigi yang kuat, tapi juga cerdas,” lanjutnya.

Perangkat itu juga mampu menyampaikan informasi secara nirkabel ke aplikasi smartphone, yang dinilai sangat berguna bagi orang tua yang ingin memantau kesehatan gigi anak-anaknya.

“Bila menggunakan sikat gigi biasa,¬† anda tidak pernah benar-benar tahu apa yang telah dibersihkan. Mungkin 30 persen? kita tidak tahu. Satu-satunya orang yang benar-benar tahu adalah dokter gigi,” sambungnya.

Tapi aplikasi ini dapat memberitahu pengguna jika mereka telah melewatkan daerah yang sulit dibersihkan atau tidak dapat membersihkannya secara menyeluruh. Aplikasi sikat gigi cerdas ini juga terbuka bagi para pengembang untuk menambahkan program lain.

Kolibree sendiri merupakan startup yang dibesarkan oleh Cessot, mantan karyawan Microsoft dan mantan eksekutif Google, Thomas Serval. Mereka berencana untuk merilis sikat gigi cerdas ini ke seluruh dunia pada kuartal ketiga tahun ini. (esy/jpnn)