Dinsosnakertrans Bangun TMP

kunjungi-makam2BENTENG, BE – Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Benteng tengah merencanakan pembangunan Taman Makam Pahlawan (TMP) di daerah ini. Sejauh ini Dirjen Kementrian Sosial RI telah mempersiapkan anggaran sekitar Rp 500 juta untuk pembangunan TMP di  Bumi Maroba Kite Maju ini.

“Pihak Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Kemensos RI siap mengucurkan anggaran untuk pembangunan TMP tersebut, namun kita masih berkoordinasi dengan Pemkab Benteng,”ucap Kadissosnakertrans Kabupaten Benteng, Meizuar melalui Kasi Pemberdayaan, Safrizal kemarin.

Pembangunan TMP itu, termasuk pembangunan pelataran sebagai tempat upacara, ruangan penjaga, kawasan makam dan pagar. Semuanya itu ditanggung oleh pemerintah pusat.  Pembangunan TMP ini dilakukan mengingat Benteng belum memiliki TMP yang sudah diwacanakan tersebut.  Bila TMP sudah berdiri, jika pada perinhatan hari – hari besar seperti, tanggal 10 November hari pahlwan, 17 Agustus ari kemerdekaan dan hari besar lainnya, pihak Pemkab Benteng dan jajarannya bisa melakukan kegiatan upacara, tabur bunga dan renungan suci di TMP tersebut.

Untuk pembangunan TMP itu, Pemerintah Pusat meminta Pemkab Benteng  menyiapkan lahan seluas sekitar 1 hektar. Namun, hingga saat ini Pemkab Benteng belum menentukan dimana lokasi TMP tersebut. Lokasi yang cocok untuk  TMP itu, di kawasan perkantoran di Desa Renah Lebar Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Benteng. Syarat lain untuk mendapatkan kucuran dana pusat itu, harus dibuktikan dengan hibah lokasi. Dengan melampirkan atau menunjukan SKT, Sirtifikat sebagai bukti kepemilikan tanah yang berlaku.

“Nantinya, bila keluarga pejuang atau pahlawan yang mau memindahkan makam  ke TMP ini dibiayai sepenuhnya oleh Dinsosnakertrans pihaknya,” terangnya.

Untuk data mengenai jumlah pahlawan, baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup di Benteng ini,  Safrizal menyatakan bakal berkoordinasi dengan Korem 041 Garuda Emas dan Dandim 0409 Bengkulu Utara. Karena, di instansi itu seluruh jumlah pahlawan dan pejuang terdaftar. ”Jika untuk daftar nama pahlwan dan pejuang, kita akan berkoordinasi dengan Korem atau Kodim. Karena mereka yang lebih tahu nama – nama pahlwan dan pejuang di Benteng ini,” tandasnya. (111)