Dinsos Tuntaskan Program Kube 2019

Foto : IST

CURUP, bengkuluekspress.com – Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong selesai menyalurkan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2019. Kube yang telah selesai disalurkan tersebut baik Kube perkotaan maupun Kube pedesaan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efendi SE MM mengungkapkan, penyaluran program Kube di Kabupaten Rejang Lebong sendiri dilakukan selama dua tahap yaitu tahap pertama pada bulan Oktober lalu yaitu untuk Kube perkotaan dan untuk Kube Pedesaan baru selesai dicairkan pada November kemarin.

“Alhamdulillah saat ini untuk program Kube sudah selesai semua kita salurkan kepada para penerima,” sampai Zulfan.

Dijelaskan Zulfan, untuk program Kube Perkotaan, jumlah penerimanya sebanyak 50 kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 10 orang dan setiap orangnya akan mendapat bantuan usaha sebesar Rp 2 juta. Khusus untuk Kube perkotaan, menurut Zulfan semuanya diarahkan untuk membuka usaha bidang perdagangan.

Dimana dalam membuka usaha perdagangan berupa warung sembaki penerima program Kube bekerjasama dengan Perum Bulog Cabang Rejang Lebong untuk menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan. “Khusus untuk Kube perkotaan memang kita arahkan untuk membuka usaha perdagangan sembako dengan bekerjasama dengan bulog yaitu membuka Rumah Pangan Kita atau RPK,” terang Zulfan.

Sementara itu, untuk program Kube Pedesaan jumlah anggota penerimanya sebanyak 40 kelompok, setipa kelompoknya sama seperti Kube Perkotaan yaitu sebanyak 10 orang, begitu juga anggaran yang diberikan juga sama yaitu Rp 2 juta per orang.

Sementara itu, untuk bidang usaha yang mereka lakukan, menurut Zulfan tidak sama dengan Kube Perkotaan yang mereka arahkan untuk membuka usaha perdagangan, untuk Kube Pedesaan, penerimanya dipersilahkan membuka usaha sesuai dengan potensi yang ada di desa masing-masing.

“Khusus untuk kube pedesaan, unit usahanya beragam mulai dari perdagangan, peternakan hingga pertanian sesuai dengan potensi yang mereka miliki,” sampai Zulfan.

Menurut Zulfan, meskipun bantuan yang diberikan dalam bentuk uang tunai, namun menurutnya dalam pelaksanaannya para penerima bantuan mendapat pendampingan untuk memastikan bahwa uang yang diberikan tersebut benar-benar mereka gunakan untuk membangun usaha.

Dalam kesempatan tersebut Zulfan menjelaskan, dengan bantuan program Kube tersebut, pemerintah ingin mengajak masyarakat kita untuk mandiri dan meningkatkan perekonomian mereka, karena dengan Kube ini mereka akan diajak untuk menjadi wirausaha. “Dengan berwirausaha ini, diharapkan usaha tersebut bisa berkembang sehingga kesejahteraan masyarakat kita bisa meningkat,” demikian Zulfan.(251/krn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*