Dinsos Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana Lewat KSB

RAPAT: Dinsos Kaur saat menggelar kegiatan rapat fasilitasi KSB bersama anggota tagana dan masyarakat diaula Ponpes Marhalawustho Padang Kempas, Selasa (30/3).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kaur terus berupaya meningkatkan ketahanan masyarakat di daerah rawan bencana, salah satunya dengan mengoptimalkan Kampung Siaga Bencana (KSB). Hal ini disampaikan Kepala Dinsos Kaur H Sidarmin Tetap SPd saat membuka kegiatan rapat fasilitasi KSB bersama anggota tagana dan masyarakat diaula Ponpes Marhalawustho Padang Kempas Kecamatan Kaur Selasa, Selasa (30/3).

“Dengan mengoptimalkan KSB ini, tentunya harapan kita ketahanan masyarakat terutama di daerah rawan bencana akan terus meningkat, apalagi Kaur ini rawan bencana alam,”kata Sidarmin, Selasa (30/3).

Dikatakannya, KSB merupakan pendekatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang dibentuk pemerintah untuk mengubah pola pikir dan tindakan masyarakat dalam penanggulan bencana melalui upaya mempersiapkan masyarakat agar lebih mampu mengelola kerentanan, ancaman dan resiko bencana. Oleh karena itu KSB yang sudah dibentuk dapat dirasakan oleh masyarakat setempat, dan tim KSB dapat menunjukkan kiprahnya pada saat penanggulangan bencana.

“Oleh karenanya sangat penting untuk kita mengadakan rapat koordinasi kampung siaga bencana ini. Ini untuk mengetahui permasalahan dilapangan dan kita sama-sama mencari solusi pemecahannya. Juga saya harap masyarakat selalu tanggap bencana,” harapnya.

Sementara itu, Kasi PSKBA Dinsos Provinsi Bengkulu Tjup Rachman selaku narasumber dalam acara itu menyampaikan, KSB ini harus ditingkatkan karena ini untuk kepentingan masyarakat banyak ditambah lagi Kabupaten Kaur merupakan salah satu daerah rawan bencana.

“Kita berharap melalui kegiatan ini bencana di Kaur ini dapat diatasi karena bencana itu tidak dapat kita prediksi. Juga saya minta anggota Tagana Kaur dengan KSB ini agar lebih kompak dalam penanggulangan bencana di Kaur ini,” harapnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*