Dinsos Sosialisasi Kube di Rumah Bupati Bengkulu Utara

ARGAMAKMUR, BE – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) kemarin menggelar sosialisasi program kepada calon penerima Koperasi Usaha Bersama (Kube). Berlangsung di rumah dinas bupati, bertujuan agar anggaran dana Kube yang diberikan digunakan dengan baik.

Penanggungjawab sosialisasi, Marsali SH mengatakanm, masyarakat dan kelompok calon penerima Kube bahwa dana kube harus digunakan dengan sebaik-baiknya. Jika dana digunakan dengan baik efek positifnya pasti akan merembet terhadap masyarakat lain. “Nanti setiap kelompok ada sekitar 10 orang, mendapat Rp 20 juta untuk membuka usaha. Usaha bisa berupa membeli ternak kemudian dikembangkan, tentu jika pemanfaatanya maksimal hasilnya akan maksimal juga,” ungkap Marsali dalam sambutannya. Sementara itu, Bupati Dr Ir H M Imron Rosyadi MM MSi mengatakan, dana Kube yang diberikan harus dimanfaatkan. Ia tak menerima jika ada laporan fiktif. Silahkan dimabil langsung dana Rp 20 juta itu, tapi benar-benar dimanfaatkan untuk usaha kelompok. Jika dimanfaatkan dengan baik dan berhasil tentu yang merasakan keluraga kita dan orang

lain. “Kube ini terbesar di Bengkulu Utara. Harus berhasil Kube ini. Untuk meminimalisir adanya pegambilan fiktif atau korupsi itulah diadakan sosialisasi ini. Harus ada laporannya, cara pembukuan, ada pendampingnya agar tidak trejadi penyelewengan,” kata bupati.

Ia menambahkan, perhatian pemerinyah pusat dengan kita serius mengelola Kube, terbukti tidak ada komplain dari pemerintah dari dana Kube yang dikucurkan sebelumnya. Dana Kube yang di anggarakan tahun 2015 ini sebesar Rp 800 juta dibagi 40 Kube yang tersebar di Kabupaten Bengkulu Utara. Masing-masing Kube akan mendapat 20 juta.

“Dana itu akan dikirim melalui rekening Kube. Dana tentunya akan dikelola oleh Kube dalam bentuk mendirikan usaha yang sifatnya tidak mengelola simpan pinjam,” kata Kepala Dinsos BU, Edi Supriyanto. (167)