Dinsos Siapkan 8 Ton Beras

beras-jelek
Foto : IST

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu, Syahrul Tamzie mengatakan Dinsos Kota Bengkulu, selalu siap menghadapi bencana. Dinsos telah menyiapkan 8 ton beras dan sejumlah bahan pokok lainnya bagi warga yang tersimpan digudang. Jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam diakhir tahun ini terutama memasuki musim penghujan seperti sekarang ini. Logistik tersebut langsung disalurkan ke titik terdampak bencana.

“Sebenarnya kita tidak berharap terjadi bencana di Bengkulu, tetapi apabila terjadi banjir yang besar seperti setahun lalu. Itu kategori bencana nasional, dan otomatis kita harus mempunyai stok nasional atau cadangan beras pemerintah. Seperti yang kemarin kita di bantu 24 ton beras dari Bulog,” terangnya, kemarin (7/12).

Ia mengatakan, meskipun persiapan beras dan sembako serta kebutuhan lainnya sudah ada di Dinsos kota, tetapi ia meminta kepada warga untuk selalu siaga dan waspada terhadap bencana alam baik dari banjir, pohon tumbang hingga tanah longsor. “Tahun lalu, Kota Bengkulu terkepung banjir. Membuat warga tidak bisa beraktivitas seperti biasanya. Selain itu banyak rumah dan perabotan rumah tangga yang rusak akibat dari terendam banjir, namun untung kita memiliki persediaan bahan pokok dan kebutuhan lainnya sehingga bisa segera kita salurkan,” ucapnya saat itu.

Sekarang ini, Dinsos juga sudah berkoordinasi dengan BPBD apabila terjadi bencana di Kota Bengkulu, BPBD menyiapkan sarana prasarana seperti mobil rescue, mobi| tanki air, alat berat, pelampung dan perahu karet. “BPBD dan Basarnas selalu siap siaga 24 jam jika dalam beberapa terakhir ini curah hujan semakin tinggi dan deras,” tuturnya. Ia menjelaskan, sebenarnya sekarang ini pun warga Kota Bengkulu, sangat terbantu juga dengan program dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu yakni Bengkulu ku Bersih, Indah, Sehat dan Aman (BISA).

Dengan program ini dampaknya sangat positif terhadap lingkungan terutama drainase yang ada. Karena apabila terjadi hujan yang deras dan lama,jika drainasenya bersih dan lancar, tidak akan terjadi banjir. “Kita meminta kepada warga Kota Bengkulu untuk selalu siap siaga selama memasuki musim penghujan seperti saat ini, terkait bahan sembako dan keamanan lainnya sudah kita siapkan dengan berkoordinasi ke instansi terkait lainnya,” tutupnya. (529)