Dinsos Siapkan 145 e-Warung

Kepala Dinsos Bengkulu Utara,Ir Suharto Handayani

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) melalui Dinas Sosial telah menyiapkan program pengalihan mengalihkan skema bantuan beras sejahtera (rastra) menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang rencananya akan direalisasi pada bulan Agustus hingga Oktober 2019 mendatang.

“Ya, untuk mendukung program pengalihan rastra ini, sudah kita siapkan untuk di Kabupaten Bengkulu Utara. diantaranya kita sudah mempersiapkan agen BPNT atau disebut e-warung,” kata Kepala Dinsos Bengkulu Utara, Ir Suharto Handayani.

Suharto menjelaskan e-warung ini adalah kewenangan bank mitra Dinsos Bengkulu Utara yakni Bank Mandiri untuk menunjuk langsung di mana titik -titik lokasi e-warung yang akan berada di setiap desa yang ada di Kabupaten BU. “Untuk dari hasil survei kita kemarin, data sementara sudah ada 145 e-warung atau agen BPNT yang telah siap untuk melayani Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk penerima program BPNT ini untuk memfasilitasi penerima BPNT sebagai tempat untuk menukarkan saldo bantuan menjadi barang yaitu beras dan telur,” terangnya.

Suharto menambahkan, awalnya pihak Dinsos BU mengalami kendala, karena ada 13 desa mengalami blank spot sehingga desa tersebut tidak bisa melayani e-warung, karena e-warung memiliki mesin program yang memerlukan jaringan internet. “Alhamdulillah kita sudah koordinasi dengan pihak Kominfo dan 13 desa saat ini sudah mulai bertahap ada jaringan koneksi internetnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Suharto menyampaikan, kategori e-warung sendiri adalah warung menengah dan kecil, bukan warung komplet atau toko.  “Tujuannya agar hidupkan warung kecil dengan adanya transaksi BPNT,” jelasnya. Selain itu, Suharto juga menuturkan, e-warung bisa diibaratkan sebagai titik distribusi bantuan namun bisa mendatangkan manfaat. Sebab, bisa jadi KPM membeli barang lainnya yang dijual di e-warung tersebut. “Teknis BPNT adalah, KPM mendapatkan kartu sejenis kartu ATM. Nanti tiap bulan akan ada saldo bantuan Rp 110 ribu,” tukasnya.(127)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*