Dinsos Optimalkan TKSK

Ilhamto S Sos
=foto: Ilhamto=

BINTUHAN KABUPATEN KAUR, Bengkulu Ekspress– Sebagai kepanjangan tangan dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kaur Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), diminta aktif meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Khususnya terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Sehingga keberadaan TKSK ini bisa menekan angka kemiskinan Kaur.

“Masalah kemiskinan diseluruh Kecamatan di Kaur ini masih tinggi, dan saya minta TKSK untuk membantu kinerja Dinsos dalam mengurangi angka kemiskinan ini,” kata Kepala Dinas H Sidarmin Tetap M Pd melalui Kabid Linjamsos Ilhamto S Sos, saat ditemui Bengkulu Ekspress di ruang kerjanya, kemarin (28/6).

Dikatakannya, keberadaan petugas TKSK yang ditempatkan disetiap kecamatan itu merupakan ujung tombak keberhasilan dari berbagai bantuan sosial yang disalurkan baik dari pemerintah pusat ataupun daerah. Juga pemberdayaan TKSK untuk memperbaharui data masyarakat miskin di daerah itu sangat mungkin sekali, karena sejalan dengan fungsi dan tugasnya.

“Petugas TKSK lebih mengerti dan paham seperti apa kondisi masyarakat ditiap kecamatan, tepat atau tidak sasaran itu tergantung petugasnya, TKSK bertugas untuk melakukan pemetaan kerawanan sosial di daerah berbasis kecamatan,” terangnya.

Ditambahkannya, ia juga mengimbau agar masyarakat ikut serta membantu petugas TKSK karena tanpa ada informasi yang tepat dari masyarakat petugas TKSK juga akan kesulitan.
“Dilapangan banyak kemungkinan yang terjadi apa mereka yang didata sedang tidak dirumah, ke luar kota, ke rumah saudara, ke sawah dan banyak kendala lain,”pungkasnya.(618)