Dinsos Diminta Siap Hadapi Bencana

Budhi//BE
Anggota Komisi I DPRD Kota Bengkulu mendatangi Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu terkait kesiapan Dinsos memasuki musim penghujan, kemarin.

BENGKULU, BE – Untuk melihat kesiapsiagaan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu dalam menghadapi bencana alam dan masalah sosial yang ada di Kota Bengkulu, Senin siang (13/1), anggota Komisi I DPRD Kota bersilaturahmi ke Dinsos.Ketua Komisi I, Tengku Zulkarnain mengatakan ke depan apabila ada sesuatu yang harus dimiliki dan diperlukan oleh Dinas Sosial, maka DPRD Kota Bengkulu siap menganggarkannya.

Namun Komisi I juga meminta kepada Dinsos agar menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan terkait bencana alam, mengingat saat ini Bengkulu sedang menghadapi cuaca ekstrem.”Kita datang ke Dinsos ini untuk melihat seberapa jauh kesiapannya dalam menghadapi bencana alam seperti banjir dan longsor di musim penghujan sekarang ini, agar tidak ada kendala jika itu terjadi,” ucap Tengku.

Setelah berkunjung dan bersilaturahmi ke Dinsos ini, pihaknya melihat masih banyak kekurangan yang harus dibenahi oleh Dinsos baik dalam ketersediaan bahan pangan ketika musibah datang dan kebutuhan lainnya.”Karena Dinsos ini merupakan leading sektor ketika ada bencana di Kota Bengkulu, jadi semua yang menyangkut baik stok pangan, dapur umum, mobil rescue dan air bersih. Semuanya harus ada dan memadai agar tidak kelabakan ketika terjadi bencana alam seperti banjir dan lainnya,” jelasnya.

Selain itu, Tengku juga menyoroti terkait dengan kantor Dinsos Kota Bengkulu yang sangat tidak memadai menjadi lokasi leading sektor ketika ada musibah atau bencana alam.”Memang kantor Dinsos ini sangat kecil dan jauh dari kata layak. Oleh sebab itu ke depan kita akan bahas dengan Pemerintah Kota Bengkulu terkait pembangunan untuk kantor Dinsos ini,” tuturnya. Tengku pun meminta kepada Dinsos Kota Bengkulu untuk selalu mengutamakan warganya, terutama terkait permasalahan sosial yang ada di kota ini.

“Beri perhatian lebih kepada para pengemis, gelandangan, pemulung dan lainnya. Karena mereka harus segera ditangani dan mendapatkan bimbingan serta pembinaan agar tidak semakin menjamur,” bebernya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu, Alex Periyansyah mengatakan, sekarang ini pihaknya sangat siap ketika menghadapi bencana alam, terutama banjir dan Dinsos pun akan selalu siap jika di perlukan.”Koreksi dari dewan ini akan menjadi perbaikan dan pembenahan untuk kita kedepannya, kita sekarang ini dalam menghadapi cuaca ekstrem ini sudah menyiapkan anggota Tagana sebanyak 94 orang jika sewaktu waktu nanti ada bencana, pihaknya pun siap menurunkan untuk membantu seluru masyarakat Kota Bengkulu. (529)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*