Dinkes, TNI-Polri Gelar Vaksinasi Covid-19

Budi/BE
Plt Kadinkes Mukomuko Syafriadi Taher SKM MKes ketika membagikan masker di desa dan menyampaikan imbauan disiplin protokol kesehatan (prokes).

PENARIK,BE – Dalam mendukung pelaksanaan Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Mukomuko pada November 2021. Masyarakat di sebanyak 47 desa penyelenggara diprioritaskan divaksin Covid-19. Jajaran Dinas Kesehatan Mukomuko bersama TNI-Polri, kecamatan dan pihak terkait langsung turun ke desa. Desa Sido Mulyo Kecamatan Penarik menjadi sasaran pertama vaksinasi Covid-19.

“Kami bersama TNI-Polri dan pihak kecamatan sudah mulai turun ke desa melakukan vaksinasi Covid-19,” sampai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Syafriadi Taher SKM MKes kepada BE.

Sebanyak puluhan desa yang diprioritaskan mendapatkan vaksin Covid-19. Jajarannya bersama pihak terkait melakukan vaksinasi secara bertahap. Termasuk untuk vaksinator langsung dilakukan petugas di puskesmas dan Dinkes Mukomuko. Termasuk juga memastikan ketersediaan vaksin ada.

“Vaksin siap kita sediakan. Jika vaksin kurang kami usulkan ke provinsi. Yang jelas kami siap mendukung dalam pelaksanaan Pilkades serentak. Karena dalam pelaksanaan Pilkades tahun ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19,” katanya.

Selain vaksinasi, Dinkes juga terus mengajak masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan (Prokes) dan mau divaksin. Ini upaya dalam pencegahan dan penyebaran virus

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gianto SH MSi tidak hanya masyarakat yang desanya penyelenggara Pilkades yang harus divaksin. Termasuk panitia Pilkades dan Calon kepala desa (Cakades) juga divaksin. Selain itu, desa juga harus menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan (Prokes). Ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.
”Setiap tahapan Pilkades wajib menerapkan prokes. Karena kesehatan masyarakat lebih diutamakan,” ungkapnya.

Camat Penarik Sutrisna Imam Santosa SH menyampaikan, lima desa di Kecamatan Penarik yang menjadi sasaran prioritas vaksinasi Covid-19. Yakni Desa Sido Mulyo, Desa Lubuk Mukti, Desa Wono Sobo, Desa Sumber Mulya dan Desa Mekar Mulya. Pelaksanaan vaksin di Desa Sido Mulyo telah dilakukan, dan akan berlanjut ke desa lainnya.

”Kegiatan vaksin Covid-19, petugas kesehatan yang langsung turun ke desa-desa,” ungkapnya. (900)