Dinkes Seluma Usulkan Beli Alat PCR Covid-19

TAIS, bengkuluekspress.com – Pemkab Seluma melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma dalam APBD Perubahan 2020 ini mengusulkan pembelian alat pengujian Covid-19.  Atau yang sering disebut PCR.  Yakni polymerase chain reaction (PCR) yang merupakan alat pemeriksaan laboratorium untuk mendiagnosis penyakit Covid-19. Yaitu dengan mendeteksi material genetik virus.  Untuk pengadaan alat ini, Dinas Kesehatan mengusulkan anggaran sebesar Rp 1,6 miliar. Ditambah dengan peralatan pendukung lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawaludin SSos melalui Sekretaris Arlan Aksa, Ssos mengatakan bahwa alat PCR yang akan dibeli merupakan alat yang fleksibel. Atau bisa dibawa secara mobile dan dimasukkan ke dalam kendaraan ambulance milik Dinas Kesehatan.

“Jadi nanti alatnya mobile. Bisa dibawa kemana-mana. Agar lebih memudahkan untuk pengecekan dan pengujian covid-19 di Kabupaten Seluma. Karena saat ini diprediksi keberadaan virus ini masih berlangsung lama,” tegas Arlan siang kemarin.

Arlan mengatakan tidak mungkin Seluma harus melakukan pengujian ke RSUD M Yunus terus. Sehingga Seluma harus mempunyai alat sendiri. Untuk melakukan pemeriksaan covid-19. Nah, di RSUD Tais saat ini berkaitan dengan covid-19. Baru memiliki tenaga ahli untuk pengambilan sampel micro droplet (lendir dari hidung). Kemudian mempunyai alat untuk penyimpanan sampel. Sampai dibawa ke RSUD M Yunus untuk diperiksa.

Sehingga jika di RSUD Tais nanti memiliki alat PCR sendiri. Maka pemeriksaan covid-19 lebih singkat. Serta tidak perlu membutuhka waktu berhari-hari. “Jadi hasil pemeriksaan covid-19 lebih singkat. Serta lebih cepat bisa diketahui kalau Seluma punya alat sendiri,”tegasnya. Apalagi saat ini di RSUD Tais juga sudah ada tenaga ahlinya. (jef)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*