Dinkes RL Siapkan Tempat Penyimpanan Vaksin Covid-19

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes Rejang Lebong, Sofan Wahyudi saat menunjukkan box yang disiapkan untuk menyimpan vaksin Covid-19 saat tiba di Rejang Lebong.

CURUP,  bengkuluekspress.com – Meskipun hingga Jumat (21/1) kemarin kepastian vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Rejang Lebong belum pasti kapan akan tiba, namun Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong telah melakukan persiapan salah satunya untuk gudang penyimpanan vaksin itu sendiri.

“Untuk memastikan vaksin Covid-19 aman saat tiba di Kabupaten Rejang MLebong saat ini kita sudah siapkan tempat penyimpanannya,” ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kabupaten Rejang Lebong, Sofan Wahyudi SSi Apt MPH.

Dijelaskan Sofan, ruang penyimpanan vaksin Covid-19 yang telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong tersebut ada di gudang farmasi milik Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong. Di gudang farmasi tersebut Dinas Kesehatan juga telah menyiapkan box pendingin yang merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan.

“Dari total enam box yang kita miliki ada lima box yang kita siapkan untuk menyimpan vaksin Covid-19 saat tiba di Rejang Lebong nanti,” tambah Sofan.

Menurut Sofan, satu kotak untuk penyimpanan vaksin tersebut bisa menampung lebih dari 1.000 vaksin. Selain itu suhu untuk kotak penyimpanan vaksin tersebut menurutnya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan standar untuk vaksin Covid-19

Kemudian terkait dengan kepastian kapan vaksin Covid-19 akan tiba di Rejang Lebong sendiri, menurut Sofan hingga kemarin pihaknya belum mendapat informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

“Kita belum tahu kapan vaksin akan tiba di Rejang Lebong, namun informasinya untuk kegiatan vaksinasi di Rejang Lebong sendiri akan dilaksanakan pada termin kedua yaitu pada Bulan Februari ini,” papar Sofan.

Untuk tahap pertama, vaksin yang akan diterima Kabupaten Rejang Lebong tersebut akan diperuntukkan untuk petugas kesehatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, mulai dari RSUD Curup, 21 Puskesmas, 44 Puskesmas pembantu, 44 Poskesdes dan 213 Posyandu yang tersebar di 15 kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong. (251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*